Masuk Ujian Semester Tanpa Kartu

Semarang,(4/13). ujian praktek struktur data bagi mahasiswa yang sudah mengambil mata kuliah ini mulai dilaksanakan. Pukul 7 pagi lebih sedikit mahasiswa kelompok A11.4301U mulai masuk keruang ujian, tepatnya di lababoraturium dasar D2.H kampus UDINUS. Mahasiswa masuk dengan tertib satu-persatu karena telah di persilahkan masuk oleh asisten dosen yang biasa mengajar di sana.

Ini adalah waktunya ujian praktikum bagi kelompok saya. kami tidak di minta mengumpulkan kartu ujian, ataupun di tanyai mengenai kartu ujian oleh asisten. pada pagi tadi kami hanya mengisi daftar hadir untuk ujian. Sedang kami tidak membawa Kartu Ujian sebagai bukti kami telah menyelesaikan administrasi untuk dapat mengikuti ujian.

Untuk mengikuti ujian di kampus saya, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. salah satunya adalah setiap mahasiswa memiliki daftar absensi masuk sebesar 75% bagi setiap matakuliah. jika mahasiswa yang memiliki daftar absensi yang kurang dari 75% maka secara tegas sistem di Siadin UDINUS tidak akan memperbolehkan si mahasiswa untuk mengikuti ujian pada matakuliah tersebut. dan satu lagi, mahasiswa harus sudah meakukan pembayaran uang perkuliahan.

Dari segelintir syarat di atas, yang menjadi acuan apakah si mahasiswa boleh atau tidak untuk mengikuti ujian semester kali ini.

Sebelumnya, pada 3 januari sekitar  pukul setengah sepuluh malam , saya mencoba membuka akun sistem akademik milik saya. Berharap dapat mencetak kartu ujian yang akan saya pakai esok harinya. Dengan laptop pribadi saya yang ada di kamar, saya mencoba login. saya agak terkejut, ada kuisioner yang harus diisi ternyata. kuisioner ini berisi tentang masukkan atau penilaian mahasiswa kepada dosen yang mengajar. hanya tiga dosen yang bisa di pilih disana.

Setelah selesai mengisi kuisoner baru saya dapat melihat jadwal ujian saya, jadwal ujian yang saya lihat adalah seperti gambar diatas. ternyata ini masih kartu ujian untuk Ujian tengah Semester Ganjil 2012 lalu. tidak puas sampai di situ akhirnya saya coba download kartu ujian saya, lalu aku baca satu persatu dengan teliti dilaptop, benar disana masih tertulis Kartu Ujian Tengah Semester.

Yang saya tanyakan, apakah memang ujian kali ini tidak memakai kartu ujian sebagai bukti mahasiswa dapat mengikuti ujian dan telah melaksanakan ujian yang ditetapkan. Atau ini sebuah keterlambatan pihak akademik untuk mengupload data kartu ujian ke mahasiswa. dan saya merasa kecewa ketika saya membuka kembali akun Siadin saya, yang kedua kalinya setelah selesai ujian pukul 11.03. saya dapati disana masih seperti semalam sewaktu saya membuka ini.

Comments