Akibat Hujan Deras



Senin (21/2), 5 orang pekerja memperbaiki pondasi jembatan yang rusak akibat banjir bandang beberapa waktu lalu. Ambrolnya pondasi jembatan diakibatkan karena sekitar 2 minggu yang lalu memang hujan lebat sempat mengguyur wilayah semarang barat, tepatnya di daerah jalan pamularsih. Hujan yang berlangsung lebih dari 2 jam ini mengakibatkan beberapa bagian dari jembatan mengalami longsor.

Jembatan in imenghubungkan jalan pamularsih dari arah sam poo kong menuju ke SMA kesatrian 2 Semarang. Sisi kerusakan terjadi pada bagian pondasi yang dekat jalan kumudasmoro barat. Pada bagian ini, pondasi ambrol karena diterjang air bandang yang lewat akibat hujan beberapa waktu lalu. Sebagian sisi jembatan terlihat nggantung.

Proses perbaikan jembatan sudah berlangsung dari hari sabtu kemaren, menurut bapak syai’in yang merupakan salah satu pekerja proyek perbaikan jembatan menerangkan bahwa proses perbaikan ini akan memakan waktu sampai 1 minggu. Hal in di karenakan sisi ambrolnya jembatan berada di bagian bawah sedangkan proses pengadukan material berada di atas.

Model pengerjaan jembatan yang sederhana menggunakan alat yang seadanya dan kurang memenuhi standart bisa mengurangi kualitas dari pondasi itu sendiri. Disana tidak terlihat ada molen untuk membuat adukan campuran semen dan pasir. Terlihat juga air yang di gunakan adalah air sungai yang ada di bawah jembatan, padahal air sungai itu merupakan sisa pembuangan  limbah-limbah rumah tangga.

Proyek pengerjaan jembatan ini di pegang oleh dinas terkait kota Semarang kata pak syaiin mengakhiri perbincangan kami.

Comments