Ella Fitzgerald : Google Doodle Hari Ini



Ella Fitzgerald (April 25, 1917 - 15 Juni 1996), juga dikenal sebagai "First Lady Song", "Queen of Jazz", dan "Lady Ella", adalah seorang vokalis jazz Amerika dengan jangkauan vokal mencakup tiga oktaf (D ♭ 3 sampai D ♭ 6). Dia terkenal karena kesuciannya nada, diksi sempurna, kalimat dan intonasi, dan "tanduk seperti" kemampuan improvisasi, khususnya dalam bernyanyi kurang improvisasi..
Fitzgerald juru penting dari Great American Songbook. Selama karier rekaman 59 tahun, dia menjual 40 juta kopi album 70-plus nya, memenangkan 13 Grammy Awards dan dianugerahi National Medal of Arts oleh Ronald Reagan dan Presidential Medal of Freedom oleh George HW Bush.

Dia membuat debut bernyanyi di 17 pada tanggal 21 November 1934, di Teater Apollo di Harlem, New York. Dia ditarik khalayak mingguan di Apollo dan memenangkan kesempatan untuk bersaing di salah satu awal yang terkenal "Malam Amatir" nya. Dia awalnya ditujukan untuk pergi di atas panggung dan menari, namun, terintimidasi oleh suster Edwards, duo tari lokal, dia memilih untuk menyanyi bukan dalam gaya Connee Boswell. Dia menyanyikan Boswell itu "Judy" dan "Obyek sayang saya," sebuah lagu yang direkam oleh para Suster Boswell, dan memenangkan hadiah pertama sebesar US $ 25.00.

Ia  mempunyai kualitas suara dengan intonasi yang jelas dan berbagai, memenangkan 13 penghargaan Grammy dan terjual lebih dari 40 juta album.

sumber : Wikipedia
Wahyu Dwi Pranata(25/4/13)

Comments