A.
JUDUL
Pengkajian
Beriklan di Media Online Untuk Mengetahui Kelebihan dan Kekurangannya
B.
LATAR BELAKANG MASALAH
Arti
kata iklan menurut Kamus Besar bahasa Indonesia adalah berita atau pesan untuk
mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang
ditawarkan. Selain itu menurut Rhenald Kasali pada tahun 1992. Iklan adalah
bagian dari bauran promosi dan bauran promosi adalah bagian dari bauran dari
pemasaran. Jadi secara sederhana iklan di definisikan sebagai pesan yang
menawarkan suatu produk yang di tujukan kepada masyarakat melalui suatu media. Dari
kedua definisi diatas, terdapat bebberapa komponen utama dalam sebuah iklan
yakni” mendorong dan membujuk ”. dengan kata lain sebuah iklan harus memiliki
sifat yang persuasif kepada orang yang melihatnya.
Dalam
sejarah periklanan dunia di mulai pada masa Babylonia 3000 tahun SM yang ditemukan pada kepingan tanah liat. Di
daerah mesir dan yunani Isi iklan menceritakan tentang datangnya kapal pembawa
anggur, rempah-rempah, logam, barang-barang dagangan baru, acara-acara
(pertarungan gladiator) yang bakal digelar, budak yang lari dari tuannya. Pengumuman
iklan ini di bacakan oleh orang yang memiliki sura lantang, biasanya ia
membacakannya di tempat yang ramai seperti pasar, dan tempat umum lainnya
Sebelum
kita membahas masalah periklanan di media online maka kita harus mengenal
dahulu apa arti dari media online tersebut. Pengenalan ini bertujuan untuk
memberikan pembelajara agar kita tidak salah persepsi akan media online ini. secara
teknis pengertian media online adalah sebuah media berbasis teknologi (internet
dan komputer) dan komunikasi. Media online memiliki beberapa contoh antara
lainnya situs web, webblog, jejaring social, radio online, email dan tv online.
C.
ISI PEMBAHASAN
Werner
J. Severin dan James W. Tankard dalam buku Teori
Komunikasi: Sejarah, Merode, dan Terapan di Media Massa (2005:458) mengutip
dari Mc Luhan mengatakan, media online
adalah gagasan baru dalam bermedia, namun media baru masih mengikut pada media
lama dan bahkan sering memanfaatkan media lama sebagai tolak ukur dalam segi isi yang diterapkan di internet.
Beberapa penelitian telah mendokumentasikan kecendrungan koran-koran online untuk mengemas kembali
materi-materi dari koran-koran cetak.
Yang
perlu dipahami oleh seorang yang ingin mengembangakan produknya. Sebuah
pertanyaan yang klasik untuk setiap pengusaha, bagaimana caranya untuk
mengenalkan produk saya sehingga produk saya memiliki banyak pembeli dan
omzetnya naik. Ini lah salah satu strategi pemasarannya. Anda perlu beriklan.
Beriklan akan memberikan beberapa keuntungan untuk anda diantaranya adalah :
1. Agar
customer tahu dan mengenal merek produk kita
2. Kita bisa membangun brand image dari iklan yg kita buat, misalnya kita ingin agar produk kita segmennya anak muda.
3. Mendorong terjadinya pembelian
4. Iklan bisa digunakan sbg alat informasi promosi produk baru
5. Iklan dalam jangka panjang akan berguna membangun reputasi merek produk
6. Iklan juga bisa berguna sbg pengingat pelanggan kita agar kembali berbelanja produk kita
7. Mengenalkan manfaat dan kelebihan produk kita
8. Iklan juga dapat membantu membangun loyalitas pelanggan
9. Iklan dapat membantu memperoleh pelanggan baru dan mendorong pelanggan lama utk melakukan pembelian berulang
10. Iklan yg difollow up dgn baik akan membantu pelanggan tdk lari ke pesaing
11. Iklan dalam jangka panjang juga berguna membantu ikatan emosional dgn pelanggan produk kita
2. Kita bisa membangun brand image dari iklan yg kita buat, misalnya kita ingin agar produk kita segmennya anak muda.
3. Mendorong terjadinya pembelian
4. Iklan bisa digunakan sbg alat informasi promosi produk baru
5. Iklan dalam jangka panjang akan berguna membangun reputasi merek produk
6. Iklan juga bisa berguna sbg pengingat pelanggan kita agar kembali berbelanja produk kita
7. Mengenalkan manfaat dan kelebihan produk kita
8. Iklan juga dapat membantu membangun loyalitas pelanggan
9. Iklan dapat membantu memperoleh pelanggan baru dan mendorong pelanggan lama utk melakukan pembelian berulang
10. Iklan yg difollow up dgn baik akan membantu pelanggan tdk lari ke pesaing
11. Iklan dalam jangka panjang juga berguna membantu ikatan emosional dgn pelanggan produk kita
Setelah mengetahui tujuan
beriklan maka anda tinggal mengkaji media apa yang cocok untuk produk kita.
Apakah media cetak, media elektronik, atau media online yang memiliki jangkauan
lebih luas.
a.
Iklan Media Cetak
pengertian
iklan media cetak adalah pesan – pesan komersial dari produsen kepada khalayak
konsumennya yang disampaikan lewat media cetak. (Riyanto, 2000:19 – 20) media
cetak itu meliputi koran, majalah, brosur, mailer langsung, iklan di setiap
jenis publikasi cetak, dan iklan buku telepon.
Ada media cetak yang memiliki daerah
pasar yang terbagi-bagi contohnya tribunnews, ada tribun jateng, tribun jogja,
tribun medan dan lain sebagainya. Berikut ini adalah beberapa kekuatan dari
media cetak contohnya adalah surat kabar:
1. dapat
menjangkau daerah-daerah perkotaan sesuai dengan cakupan pasarnya
2. kebiasaan
konsumen membawa surat kabar sebagai referensi untuk memilih barang sewaktu
berbelanja
3. surat kabar
memuat hal-hal yang aktual yang perlu segera diketahui oleh pembacanya
4. pengiklan
dapat bebas memiliki pasar mana yang akan diprioritaskan. Dengan demikian dia
dapat memilih media yang cocok dengan terget audience-nya
Media
cetak memang berjaya pada masanya. Namun, kini masanya telah berubah. para
pemasang iklan lebih suka memampang produknya dimedia elektronik seperti
televisi ataupun media online.ketika browsing-browsing saya membaca bahwa minat
beriklan di media cetak memang kurang di minati saat ini hal ini di karenakan
bahwa akses masyarakat ke dunia digital semakin terbuka.
Adapun Vice
President Marketing Communication Excelcomindo Pratama Turina Farouk berpendapat,
perkembangan digitalisasi media harus disikapi dengan strategi bisnis yang
menarik minat konsumen.Pertumbuhan iklan di media digital mencapai 300 persen,
di media cetak relatif tetap. Ini karena minat membaca media cetak turun,
sementara minat membaca lewat media digital meningkat. Bila ingin bertahan,
perusahaan media cetak harus mengarahkan bisnisnya ke media digital, tanpa
meninggalkan bisnis media cetaknya.(kompas cetak)
b.
Iklan Media Elektronik
Media
elektronik adalah media yang menggunakan energi elektromekanis
untuk mengakses kontennya.
Hal ini merupakan kebalikan dari media statis (terutama media cetak), yang
meskipun sering dihasilkan secara elektronis tapi tidak membutuhkan elektronik
untuk mengaksesnya. Sumber media elektronik adalah rekaman
video, rekaman audio.
Media elektronik dapat berbentuk analog
maupun digital, walaupun
media baru pada
umumnya berbentuk digital. Contohnya televisi.
Media
elektronik memiliki keunggulan dibanding media cetak. Contohnya televisi :
Kelebihan
:
Dapat dinikmati oleh siapa saja.
Dapat menjangkau daerah yang luas.
Waktu siarannya sudah tertentu.
Memiliki daya penyampaian dan pengaruh yang kuat karena dapat memberikan kombinasi antara suara dengan gambar ( yang bergerak ).
Memudahkan para audiensnya untuk memahami yang diiklankan.
Tidak memerlukan keahlian dan kemampuan membacaseperti pada media cetak. Dengan gambar-gambar, semua orang sudah cukup mengerti maknanya.
Dapat dinikmati oleh siapa saja.
Dapat menjangkau daerah yang luas.
Waktu siarannya sudah tertentu.
Memiliki daya penyampaian dan pengaruh yang kuat karena dapat memberikan kombinasi antara suara dengan gambar ( yang bergerak ).
Memudahkan para audiensnya untuk memahami yang diiklankan.
Tidak memerlukan keahlian dan kemampuan membacaseperti pada media cetak. Dengan gambar-gambar, semua orang sudah cukup mengerti maknanya.
c.
Iklan
Media Online
Media Online adalah sebutan umum untuk sebuah bentuk
media yang berbasis telekomunikasi dan multimedia. Didalamnya terdapat portal,
website, webblog ,radio-online, TV-online, pers online, jejaring sosial
mail-online, dll, dengan karakteristik masing-masing.
Jika
di bandingkan dengan media ,ainnya sebelumnya media online masih memiliki
keunggulan diantaranya adalah :
1.
Up
to date, kita dapat mendapatkan berita terbaru secara cepat.
2.
Real
time, artinya kita dapat mengakses secara langsung tanpa batasan waktu. Misalnya
kita melakukan video streaming
3.
Praktis,
dapat di akses secara mudah dan di mana saja lewat aplikasi mobile ataupun perangkat
elektronik asal terhubung dengan internet
4.
Iklan yang disampaikan dapat menjangkau
semua kalangan secara luas
5.
Tidak ada perantara, kita dapat berinteraksi
langsung dengan konsumen
6.
Data informasi masa lalu masih bisa
dinikmati di masa mendatang
7.
Menghemat kertas yang dipakai untuk
media cetak
8.
Banyak penyedia jasa periklanan yang
gratis
9.
Harga dapat di sesuaikan dengan
budget untuk iklan
Setiap tahun pengguna internet semakin bertambah ini
berarti sebuah pasar untuk memperkenalkan produk kita kepada mereka. Dari
laporan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dan pernyataan
dari beberapa praktisi internet di atas, bukan tidak mungkin jika pengguna
internet di Indonesia sekarang sudah mencapai atau melebihi angka 120 juta
orang.
D.
KESIMPULAN DAN SARAN
Jika
anda adalah seseorang yang ingin memperkenalkan produknya maka kenali terlebih
dahulu tentang produk anda. Beberapa tips untuk memasarkan produk anda agar dapat
dikenal dan di minati oleh pasar :
a.
Jangan
lupa berikan brand atau merk agar calon kunsumen mudah mengingat produk anda
b.
Tentukan
segmentasi pasar produk anda
c.
Berikan
tagline untuk produk yang anda miliki
d.
Kenali
kelebihan produk anda dari segi kualitas produk maupun kuantitas
e.
Dapatkan
standart kualitas untuk produk anda. Misalnya kalo makanan adalah standart
produk halal dari MUI atau BPOM untuk standart produksi kebersihan dan
kesehatan. Pemberian standart ini akan lebih menyakinkan konsumen
f.
Lakukan
promosi, sebagaimana di atas telah dijelaskan bahwa promosi itu sangat penting.
Hal ini di tujukan untuk mendorong orang untuk membeli produk kita. Adapun media
yang di piliha itu terserah anda.
created by : wahyu dwi pranata
Setelah saya menjabaran secara
garis besar tentang media cetak, media elektronik, dan media online untuk
sarana beriklan maka saya juga akan memberikan saran kepada orang-orang yang
ingin mengembangkan produknya dengan cara promosi.
1.
Setelah
anda mengetahui segmentasi pasar anda maka anda dapat memilih media yang cocok.
Misalnya anda adalah seorang penyedia jasa pijat di daerah semarang maka lebih
baik anda mengiklankannya pada media cetak, terutama koran. Karena segmentasi
pasar anda tentunya juga orang semarang. Koran bersifat tetap, jadi selama di
simpan koran itu masih memuat iklan anda.
2.
Sebagai
contoh jika produk anda sebuah perumahan yang bersegmentasi kalangan menengah
keatas dan anda ingin mencakup daerah yang luas maka pilihlah iklan melalui
media elektronik, terutama televisi. Jika kita perhatikan seperti agung
podomoro group, ciputra property, sinar mas land, summarecon agung dan lainnya.
Tentunya dengan biaya yang mahal. contoh kalkulasi harganya iklan aqua 30 detik 1 kali penayangan X 15 juta X 10 penayangan per hari= hitung sendiri biayanya.. hehehe
3.
Untuk
anda yang tidak memiliki uang yang tebel alias banyak maka anda bisa
memanfaatkan yang gratis untuk memasarkan produk anda. Contoh pakai saja
forum-forum jual beli, kaskus, berniaga, tokobagus, facebook dan lainnya. Beriklan
di facebook bisa gratis maupun disesuaikan dengan kantong anda.
4.
Jika
ingin beriklan melalui media online maka anda harus memilih spot yang tepat
untuk menaruh iklan anda. Misalnya anda menjual buku-buku novel, gunakan
website yang masih berhubungan dengan novel, misalnya situs download film. Atau
situs komunitas lingkar pena dan pecinta novel.
Sekali lagi semoga
anda memilih strategi yang tepat untuk memasarkan produk anda. Selamat pagi.
Comments
Post a Comment