Ingin Beriklan Secara Online? Anda Harus Tahu Dulu Kelebihannya



A.                 JUDUL

            Pengkajian Beriklan di Media Online Untuk Mengetahui Kelebihan dan Kekurangannya

B.                 LATAR BELAKANG MASALAH

Arti kata iklan menurut Kamus Besar bahasa Indonesia adalah berita atau pesan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Selain itu menurut Rhenald Kasali pada tahun 1992. Iklan adalah bagian dari bauran promosi dan bauran promosi adalah bagian dari bauran dari pemasaran. Jadi secara sederhana iklan di definisikan sebagai pesan yang menawarkan suatu produk yang di tujukan kepada masyarakat melalui suatu media. Dari kedua definisi diatas, terdapat bebberapa komponen utama dalam sebuah iklan yakni” mendorong dan membujuk ”. dengan kata lain sebuah iklan harus memiliki sifat yang persuasif kepada orang yang melihatnya.
Dalam sejarah periklanan dunia di mulai pada masa Babylonia 3000 tahun SM  yang ditemukan pada kepingan tanah liat. Di daerah mesir dan yunani Isi iklan menceritakan tentang datangnya kapal pembawa anggur, rempah-rempah, logam, barang-barang dagangan baru, acara-acara (pertarungan gladiator) yang bakal digelar, budak yang lari dari tuannya. Pengumuman iklan ini di bacakan oleh orang yang memiliki sura lantang, biasanya ia membacakannya di tempat yang ramai seperti pasar, dan tempat umum lainnya
Sebelum kita membahas masalah periklanan di media online maka kita harus mengenal dahulu apa arti dari media online tersebut. Pengenalan ini bertujuan untuk memberikan pembelajara agar kita tidak salah persepsi akan media online ini. secara teknis pengertian media online adalah sebuah media berbasis teknologi (internet dan komputer) dan komunikasi. Media online memiliki beberapa contoh antara lainnya situs web, webblog, jejaring social, radio online, email dan tv online.


C.                 ISI PEMBAHASAN

            Werner J. Severin dan James W. Tankard dalam buku Teori Komunikasi: Sejarah, Merode, dan Terapan di Media Massa (2005:458) mengutip dari Mc Luhan mengatakan, media online adalah gagasan baru dalam bermedia, namun media baru masih mengikut pada media lama dan bahkan sering memanfaatkan media lama sebagai tolak ukur  dalam segi isi yang diterapkan di internet. Beberapa penelitian telah mendokumentasikan kecendrungan koran-koran online untuk mengemas kembali materi-materi dari koran-koran cetak.

            Yang perlu dipahami oleh seorang yang ingin mengembangakan produknya. Sebuah pertanyaan yang klasik untuk setiap pengusaha, bagaimana caranya untuk mengenalkan produk saya sehingga produk saya memiliki banyak pembeli dan omzetnya naik. Ini lah salah satu strategi pemasarannya. Anda perlu beriklan. Beriklan akan memberikan beberapa keuntungan untuk anda diantaranya adalah :
1. Agar customer tahu dan mengenal merek produk kita

2. Kita bisa membangun brand image dari iklan yg kita buat, misalnya kita ingin agar produk kita segmennya anak muda.

3. Mendorong terjadinya pembelian

4. Iklan bisa digunakan sbg alat informasi promosi produk baru

5. Iklan dalam jangka panjang akan berguna membangun reputasi merek produk

6. Iklan juga bisa berguna sbg pengingat pelanggan kita agar kembali berbelanja produk kita

7. Mengenalkan manfaat dan kelebihan produk kita

8. Iklan juga dapat membantu membangun loyalitas pelanggan

9. Iklan dapat membantu memperoleh pelanggan baru dan mendorong pelanggan lama utk melakukan pembelian berulang

10. Iklan yg difollow up dgn baik akan membantu pelanggan tdk lari ke pesaing

11. Iklan dalam jangka panjang juga berguna membantu ikatan emosional dgn pelanggan produk kita

Setelah mengetahui tujuan beriklan maka anda tinggal mengkaji media apa yang cocok untuk produk kita. Apakah media cetak, media elektronik, atau media online yang memiliki jangkauan lebih luas.

a.                   Iklan Media Cetak

pengertian iklan media cetak adalah pesan – pesan komersial dari produsen kepada khalayak konsumennya yang disampaikan lewat media cetak. (Riyanto, 2000:19 – 20) media cetak itu meliputi koran, majalah, brosur, mailer langsung, iklan di setiap jenis publikasi cetak, dan iklan buku telepon.

Ada media cetak yang memiliki daerah pasar yang terbagi-bagi contohnya tribunnews, ada tribun jateng, tribun jogja, tribun medan dan lain sebagainya. Berikut ini adalah beberapa kekuatan dari media cetak contohnya adalah surat kabar:
1. dapat menjangkau daerah-daerah perkotaan sesuai dengan cakupan pasarnya
2. kebiasaan konsumen membawa surat kabar sebagai referensi untuk memilih barang sewaktu berbelanja
3. surat kabar memuat hal-hal yang aktual yang perlu segera diketahui oleh pembacanya
4. pengiklan dapat bebas memiliki pasar mana yang akan diprioritaskan. Dengan demikian dia dapat memilih media yang cocok dengan terget audience-nya

Media cetak memang berjaya pada masanya. Namun, kini masanya telah berubah. para pemasang iklan lebih suka memampang produknya dimedia elektronik seperti televisi ataupun media online.ketika browsing-browsing saya membaca bahwa minat beriklan di media cetak memang kurang di minati saat ini hal ini di karenakan bahwa akses masyarakat ke dunia digital semakin terbuka.
Adapun Vice President Marketing Communication Excelcomindo Pratama Turina Farouk berpendapat, perkembangan digitalisasi media harus disikapi dengan strategi bisnis yang menarik minat konsumen.Pertumbuhan iklan di media digital mencapai 300 persen, di media cetak relatif tetap. Ini karena minat membaca media cetak turun, sementara minat membaca lewat media digital meningkat. Bila ingin bertahan, perusahaan media cetak harus mengarahkan bisnisnya ke media digital, tanpa meninggalkan bisnis media cetaknya.(kompas cetak)
b.                  Iklan Media Elektronik

Media elektronik adalah media yang menggunakan energi elektromekanis untuk mengakses kontennya. Hal ini merupakan kebalikan dari media statis (terutama media cetak), yang meskipun sering dihasilkan secara elektronis tapi tidak membutuhkan elektronik untuk mengaksesnya. Sumber media elektronik adalah rekaman video, rekaman audio. Media elektronik dapat berbentuk analog maupun digital, walaupun media baru pada umumnya berbentuk digital. Contohnya televisi.
Media elektronik memiliki keunggulan dibanding media cetak. Contohnya televisi :
Kelebihan :
Dapat dinikmati oleh siapa saja.
Dapat menjangkau daerah yang luas.
Waktu siarannya sudah tertentu.
Memiliki daya penyampaian dan pengaruh yang kuat karena dapat memberikan kombinasi antara suara dengan gambar ( yang bergerak ).
Memudahkan para audiensnya untuk memahami yang diiklankan.
Tidak memerlukan keahlian dan kemampuan membacaseperti pada media cetak. Dengan gambar-gambar, semua orang sudah cukup mengerti maknanya.

c.                   Iklan Media Online
Media Online adalah sebutan umum untuk sebuah bentuk media yang berbasis telekomunikasi dan multimedia. Didalamnya terdapat portal, website, webblog ,radio-online, TV-online, pers online, jejaring sosial mail-online, dll, dengan karakteristik masing-masing.
            Jika di bandingkan dengan media ,ainnya sebelumnya media online masih memiliki keunggulan diantaranya adalah :
1.                  Up to date, kita dapat mendapatkan berita terbaru secara cepat.
2.                  Real time, artinya kita dapat mengakses secara langsung tanpa batasan waktu. Misalnya kita melakukan video streaming
3.                  Praktis, dapat di akses secara mudah dan di mana saja lewat aplikasi mobile ataupun perangkat elektronik asal terhubung dengan internet
4.                  Iklan yang disampaikan dapat menjangkau semua kalangan secara luas
5.                  Tidak ada perantara, kita dapat berinteraksi langsung dengan konsumen
6.                  Data informasi masa lalu masih bisa dinikmati di masa mendatang
7.                  Menghemat kertas yang dipakai untuk media cetak
8.                  Banyak penyedia jasa periklanan yang gratis
9.                  Harga dapat di sesuaikan dengan budget untuk iklan
Setiap tahun pengguna internet semakin bertambah ini berarti sebuah pasar untuk memperkenalkan produk kita kepada mereka. Dari laporan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dan pernyataan dari beberapa praktisi internet di atas, bukan tidak mungkin jika pengguna internet di Indonesia sekarang sudah mencapai atau melebihi angka 120 juta orang.


D.                 KESIMPULAN DAN SARAN

Jika anda adalah seseorang yang ingin memperkenalkan produknya maka kenali terlebih dahulu tentang produk anda. Beberapa tips untuk memasarkan produk anda agar dapat dikenal dan di minati oleh pasar :
a.                   Jangan lupa berikan brand atau merk agar calon kunsumen mudah mengingat produk anda
b.                  Tentukan segmentasi pasar produk anda
c.                   Berikan tagline untuk produk yang anda miliki
d.                  Kenali kelebihan produk anda dari segi kualitas produk maupun kuantitas
e.                   Dapatkan standart kualitas untuk produk anda. Misalnya kalo makanan adalah standart produk halal dari MUI atau BPOM untuk standart produksi kebersihan dan kesehatan. Pemberian standart ini akan lebih menyakinkan konsumen
f.                   Lakukan promosi, sebagaimana di atas telah dijelaskan bahwa promosi itu sangat penting. Hal ini di tujukan untuk mendorong orang untuk membeli produk kita. Adapun media yang di piliha itu terserah anda.

created by : wahyu dwi pranata

Setelah saya menjabaran secara garis besar tentang media cetak, media elektronik, dan media online untuk sarana beriklan maka saya juga akan memberikan saran kepada orang-orang yang ingin mengembangkan produknya dengan cara promosi.
1.                  Setelah anda mengetahui segmentasi pasar anda maka anda dapat memilih media yang cocok. Misalnya anda adalah seorang penyedia jasa pijat di daerah semarang maka lebih baik anda mengiklankannya pada media cetak, terutama koran. Karena segmentasi pasar anda tentunya juga orang semarang. Koran bersifat tetap, jadi selama di simpan koran itu masih memuat iklan anda.
2.                  Sebagai contoh jika produk anda sebuah perumahan yang bersegmentasi kalangan menengah keatas dan anda ingin mencakup daerah yang luas maka pilihlah iklan melalui media elektronik, terutama televisi. Jika kita perhatikan seperti agung podomoro group, ciputra property, sinar mas land, summarecon agung dan lainnya. Tentunya dengan biaya yang mahal. contoh kalkulasi harganya iklan aqua 30 detik 1 kali penayangan X 15 juta X 10 penayangan per hari= hitung sendiri biayanya.. hehehe
3.                  Untuk anda yang tidak memiliki uang yang tebel alias banyak maka anda bisa memanfaatkan yang gratis untuk memasarkan produk anda. Contoh pakai saja forum-forum jual beli, kaskus, berniaga, tokobagus, facebook dan lainnya. Beriklan di facebook bisa gratis maupun disesuaikan dengan kantong anda.
4.                  Jika ingin beriklan melalui media online maka anda harus memilih spot yang tepat untuk menaruh iklan anda. Misalnya anda menjual buku-buku novel, gunakan website yang masih berhubungan dengan novel, misalnya situs download film. Atau situs komunitas lingkar pena dan pecinta novel.
Sekali lagi semoga anda memilih strategi yang tepat untuk memasarkan produk anda. Selamat pagi.
 

Comments