malam ini, pak rektor tak sebahagia kami



Twitter : @PranataWahyu

Inagurasi merupakan ritual penutup dari penerimaan mahasiswa baru. Seperti tahun-tahun sebelumnya Udinus masih melaksanakan acara ini. tapi kali ini dengan konsep yang berbeda, menghadirkan talkshow dari dokter Iwan, penampilan dari beberapa Organisasi yang ada di udinus dan beberapa guest star yang sengaja didatangkan.
Awal pembentukan panitia inagurasi. Ong sebagai ketua, jeje sebagai seksi acara. Dan beberapa orang yang turut aktif membantu acara ini.
Acara dibuat dari mahasiswa oleh mahasiswa dan untuk mahasiswa. Diharapkan acara ini bisa menjadi perwujudan hiburan dari masing-masing organisasi.
Tidak perlu waktu sebulan untuk membuat acara yang mewah ini. dananya pun pasti lebih murah dibanding inagurasi tahun lalu. Tidak ada band jakarta, panggung yang besar, dan dana-dana lainnya juga dipangkas. Inagurasi tahun 2012 Efek Rumah Kaca menghibur kita.

Entertainment Nuansa Organisasi

Ketika UKM musik mulai memainkan kendang untuk dangdut koplo. Penontonpun langsung berlari kedepan dan bergoyang. Sebagian besar adalah laki-laki yang bergoyang tepat didepan panggung. Dengan keras mereka mengikuti sang biduan bernyanyi, ya seperti yang ada di kampung-kampung penyanyi memberikan salam tangan kepada penontonnya. Maba kelihatan senang sekali. Mungkin pak Rektor lagi bengong ketika kami bergoyang. Meski begitu the show must go on.
Aimee datang dengan musik Ska “nyrempet” raggae. Tanpa dikomando kamipun langsung bergoyang dan loncat-loncat ala Ska. Loncat setinggi-tingginya tak peduli seberapa tinggi biaya dikampusku akan terus mencekik. Seakan beban kami telah terangkat. Hilang ingatan sejenak.
Aksi panggung yang keren itu sudah pasti, siapa lagi kalo bukan Teater. Kejamnya aksi orang-orang kota yang sering menangkap kingkong dipertontonkan. Penampilan Kaplink sepertinya membawa misi sosial, menyinggung banyak kasus yang pernah terjadi di indonesia. Manusia yang membantai orang utan,menembak mati mereka sebelum diambil kuku-kukunya untuk diperjual belikan dipasar gelap. Bedanya kalo dalam teater Kaplink para kingkong dan Tarzan berusaha melawan penjajah dengan sekuat tenaga.
Ketika dokter iwan berbincang, serempet gudal sedang colokin mic. Check sound. Saat itulah aku mulai berdiri lalu berteriak sekencangnya terhanyut dalam lagu2 mereka. jingkrak-jingkrak bersama sahabat-sahabatku. Tak terasa keringat sudah membasahi seluruh tubuhku. Aku merasa sehat sekali, lupa dengan semua tanggungan yang ada.
Aku melihat seorang wanita disampingku, dia sangat hafal lagu dari sereal. Kuping sebelah kiriku jelas sekali mendengarnya. saat “congyang” berpadu dengan suaranya, Aku merasakan semangat yang dia miliki. Maba, wanita yang berani meloncat sendirian disampingku. Tapi disekitar aku juga melihat, beberapa wanita berkerudung menikmati “congyang”. Kimcil membuat kami menjadi paduan suara.
Tak terasa aku telah berpindah jauh dari tempat awal aku berdiri, mungkin dorongan dari teman teman saat kami berjoget tadi. Ya biasa, saat sereal membawakan lagu memang kami berjoget tak beraturan. Namun kami tetap damai, tanpa resah berpikir dompet atau HP disaku kami akan hilang dicuri orang. Seperti pak rektor yang mungkin resah ketika ada mahasiswanya yang berguguran seperti dedaunan di musim kemarau.

REKTOR TAK MUNGKIN SEBAHAGIA KAMI.

Bahagialah aku dengan saudara-saudara mahasiswa semuanya. Kami suka dan cita dimalam inagurasi, bisa bergoyang dan bebas berdesak-desakan. Kami merasakan bau keringat satu dengan yang lainnya. Kami tidak saling marah atau mencaci, karena kami sadar akan bau badan masing-masing. Mungkin bu rektor  tidak tertarik untuk bergoyang dengan kami, takut sanggul tingginya rusak? Bisa jadi pak rektor yang tampil elegan dihadapan mahasiswa dan selalu mengatakan “raihlah prestasi dikampus ini, kalian akan menerima beasiswa” mungkin juga ogah ketika harus mencium ketek teman saya, sudah terbiasa dengan dinginnya AC Alphard.
Oh ya, saya ingat tentang sebuah poto yangdiambil pak himawan ketika acara dinus inside. Alphard yang berjajar dengan H 1 milik pak gub.


Tulisan ini sudah lama aku buat tapi baru sempet aku posting. Salam blogger.

Comments