SOal Latihan pertemuan 2 MIS, MDS, EDP, MDM

SOal Jawaban Sistem Pendukung Keputusan

1.       Jelaskan Apa yang dimaksud dengan Managerial Decision Making (MDM)?

Jawab :

Management adalah proses pencapaian tujuan organisasi melalui penggunaan resources (manusia, uang, energy, material, ruang dan waktu). (2002, Irfan Subakti)


Pengambilan keputusan atau decision making dapat dianggap sebagai suatu hasil atau keluaran dari proses mental atau kognitif yang membawa pada pemilihan suatu jalur tindakan di antara beberapa alternatif yang tersedia. Setiap proses pengambilan keputusan selalu menghasilkan satu pilihan final [1]. Keluarannya bisa berupa suatu tindakan (aksi) atau suatu opini terhadap pilihan. (id.Wikipedia.org) diakses tanggal 11 maret 2014


Sehingga dapat disimpulkan bahwa MDM ialah sebuah proses pengambilan keputusan dari beberapa alternative pilihan yang ada. Keputusan tersebut dapat berupa tindakan atau opini yang melibatkan Resources yang di miliki untuk pencapaian tujuan tertentu.


2.       Jelaskan tentang Management Information System(MIS) bagaimana hubungannya dengan Decision Support System (DSS)!

MIS adalah sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis. (id.wikipedia.org)


Management Information System (MIS) merupakan sebuah system yang erat kaitannya dengan Decision Support System. Bisa dilihat dari gambar dibawah ini :




Electronic data processing (EDP)
Relasi di atas menggambarkan bahwa DSS merupakan Bagian dari MIS. Sedang DSS sendiri mempelajari beberapa bagian dari MIS yakni Strategi perencanaan dan manajer control. DSS membantu pengambilan keputusan yang memanfaatkan data dan model untuk menyelesaikan masalah-masalah yang tak tersetruktur. (2002, Irfan Subakti) sedangkah MIS digunakan untuk menyelesaikan Masalah-masalah dengan penyelesaian Standart yang melibatkan kasus atau masalah yang terstruktur.








3.       Sebutkan bidang-bidang teknologi infonmasi dalam Management Support System?

a.       Decision Support System

b.      Group Support System (GSS), termasuk Group DSS

c.       Exceutive Information System (EIS)

d.      Expert System (ES)

e.      Artificial Neural Networks (ANN)

f.        Hibrid Support System

Sumber : Irfan Subakti


4.       Sebutkan Kerangka Kerja Decision support!

Kerangka kerja DSS di bagi ,emjadi 3 tipe keputusan :

1.       terstruktur mengacu mengacu pada permasalahan rutin dan berulang hanya membutuhkan solusi standar yang ada

2.       Semi terstruktur terdapat beberapa keputusan terstruktur, tetapi tak semuanya dari fase-fase yang ada.

3.       Tak terstruktur adalah Fuzzy, permasalahan kompleks dimana tak ada solusi serta merta atau solusi yang begitu saja mudah didapatkan. Masalah tak terstruktur adalah tak adanya 3 fase proses yang terstruktur.


5.       Sebutkan Evaluasi Alat pengambil keputusan secara terkomputerisasi!

a.       Transaction Processing System (TPS)

b.      Management Information System (MIS)

c.       Office Automation System (OAS)

d.      DSS

e.      GDSS

f.        ES

g.       EIS

h.      ANN

Comments