Sistem Pendukung Keputusan : Supra sistem, Sub Sistem dari SPK



Wahyu dwi Pranata
201351191
Teknik informatika

Chapter 5
Pertanyaan no 1
Jelaskan hubungan DSS dengan DBMS!

Dalam DSS terdapat 3 komponen utama yang membangun SPK/DSS yakni pengelolaan data, pengelolaan model, dan interface. Pada pengelolaan data kita tidak bisa lepas dengan perancangan basis data yang baik dan benar. Pada implementasinya kita menggunkaan tools yang mengatur/memanage data base tersebut sehingga dapat di akses, di update, delete serta aksi-aksi yang lainnya. Data-data ini di olah sehingga memunculkan informasi yang akurat mengenai alternative-alternatif keputusan apa saja yang mungkin terjadi. Dan menyajikannya pada pengambil keputusan guna mendukung proses bisnis pada suatu organisasi.

Pertanyaan no 3

Gambarkan komponen dan model base


Menurut sumber yang satunya menyebutkan bahwa  model base management system (MBMS) adalah bagian dari DSS


Pertanyaan no 5

Apa yang di maksud dengan supra system, system, subsistem, boundary.  Gambarkan strukturnya!

sub system membentuk  >> system >> Supra Sistem

Supra Sistem = adalah kumpulan dari beberapa system yang saling berkait, berkomunikasi, membentuk suatu system dengan ruang lingkup yang lebih besar.

Perlu contoh? Sepertinya saya berikan yang sama di internet mengenai suprastruktur pendidikan. Di mana ada system sekolah, system kedinasan, system kepegawaian. sedangkan subsistemnya adalah pengajaran di sekolah, sub system absensi, sub system keuangan dll.

Sistem = beberapa elemen yang saling berkaitan/berhubungan di mana setiap elemen memiliki fungsi secara independen dan fungsi secara kolektiv(bersama) yang saling berkerja sama untuk memenuhi tujuan tertentu.

Boundary/ batas = tempat pertemuan dari 2 wilayah/system yang menjadi pembeda antara system satu dengan system yang lainnya. Batas ini dapat membedakan antara system itu sendiri dengan apa yang di namakan lingkungan. Sehingga kita dapat menentukan scope/cakupan dari sebuah system tertentu dengan menggunakan boundary tersebut.

Sub Sistem = adalah bagian yang lebih kecil dari sebuah system yang kompleks(system dan supra sistem). Sub system ini bersifat menunjang system yang lebih besar tersebut guna memenuhi tujuan yang ingin di capai dari system tersebut melalui kerja sama dengan sub-sistem sub system yang lain. Sub system memiliki kerja yang lebih khusus/detail dari sebuah system yang di bentuknya.

  

Soal Chapter 6

1.      Jelaskan Pemodelan dalam system Pendukung keputusan

Model adalah rencana, representasi, atau deskripsi yang menjelaskan suatu objek, sistem, atau konsep, yang seringkali berupa penyederhanaan atau idealisasi.

Pemodelan adalah proses/kegiatan untuk merepresentasikan suatu konsep atau benda. Dalam pemodelan ini di harapkan muncul efisiensi serta efektifitas dari segi waktu, ruang, dan biaya.

Sistem Pendukung Keputusan (SPK) atau Decision Support System (DSS) adalah sebuah sistem yang mampu memberikan kemampuan pemecahan masalah maupun kemampuan pengkomunikasian untuk masalah dengan kondisi semi terstruktur dan tak terstruktur. Sistem ini digunakan untuk membantu pengambilan keputusan dalam situasi semi terstruktur dan situasi yang tidak terstruktur, dimana tak seorangpun tahu secara pasti bagaimana keputusan seharusnya dibuat (Turban, 2001).

Sehingga Pemodelan system pendukung keputusan dapat di artikan sebagai upaya memodelkan sebuah system yang tak terstruktur hingga di dapat suatu pemecahan masalah dari system yang sebenarnya. Selanjutnya Pemecahan masalah ini di gunakan decision maker sebagai acuan dalam mengambil keputusan pada permasalahan yang sesungguhnya.

3.      Sebutkan Sub-sub komponen dalam system manajemen model SPK


Sumber jawaban :
http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/PRODI._ILMU_KOMPUTER/196603252001121-MUNIR/Sistem%20Penunjang%20Keputusan/Bab08_ArsitekturSPK.pdf

http://apr1l-si.comuf.com/TentangSistem.pdf



http://www.kajianpustaka.com/2013/09/sistem-pendukung-keputusan-spk.html

anak purwodadi

Comments