Jelaskan peranan data warehouse dan data mining dalam kehidupan sehari-hari !





Kita lihat dulu sejarah untuk melihat masa sekarang dan masa yang akan datang.
Konsep data warehouse muncul pada akhir tahun 1980-an ketika para peneliti IBM Barry Devlin dan Paul Murphy mengembangkan "bisnis gudang data". Konsep data warehouse memiliki tujuan untuk membentuk model arsitektur aliran data dari sistem operasional ke lingkungan pendukung keputusan dengan harga yang murah dan minimal kesalahan. Karena pada dasarnya konsep teknologi adalah untuk mempermudah segala aktivitas manusia. Dalam rangka efisiensi tersebut, maka Barry dan Paul berusaha membuat gudang data yang kemudian memberikan solusi atas masalah yang ada. Diantaranya dibutuhkan pengumpulan, pembersihan, serta pengintegrasian data yang kemudian membentuk sebuah repositori data dari berbagai sumber yang kemudian pengolahan tersebut menjadi data-data yang idependenyang dapat dibagikan kepada pos-pos yang membutuhkan. (wikipedia)

 () arsitektur Data Warehouse dengan area staging dan data marts untuk sistem perusahaan marketing
           


 
Arsitekturdasar Data Warehouse
Sumber : Oracle.com







sumber : oracle.com
Arsitektur Data Warehouse dengan data marts dan staging area




Dalam Kelas Basis data kita telah mengenal adanya normalisasi. Normalisasi di dasari dengan adanya beberapa masalah yang muncul.
1.      Adanya anomali data
2.      Redudancy data
Maka dari itu muncul normasilasi agar sebuah data memiliki Integritas, mudah di perbaiki, dan memiliki performance yang tinggi.
() manfaat data warehouse dalam kehidupan sehari-hari
-          Sebagai gudang data tentu data warehouse memiliki fungsi utama sebagai tempat menyimpan segala macam data dalam skala besar yang bisa di ambil sewaktu waktu.
-          Penyimpanan data yang tersentral akan mempermudah proses untuk pemanfaatan data tersebut.
() manfaat Data Mining
-          Pengelolaan data (data manage) yang baik akan mempermudah pemyimpanan, pengubahan (penambahan + pengurangan), dan penghapusan
-          Data mining yang baik dapat di gunakan untuk diintegrasikan dengan metode-metode pengambilan keputusan (decision support system), pengambilan informasi, serta program-program autopilot yang membutuhkan kompleksitas data yang besar dan teratur.
-          Untuk aplikasinya misalkan pada facebook, seseorang bisa memasang iklan dengan target penerima tertentu sesuai dengan keinginan yang diinginkan. Misalnya produk sepatu bola, maka seseorang bisa meminta kepada google untuk menginformasikan produk tersebut kepada pengguna facebook laki-laki dengan rentang umur 11-25 tahun.

Wahyu dwi pranata
Purwodadi, grobogan

Comments