Pengertian Program





Pada program studi/jurusan Teknik Informatika anda akan menemui mata kuliah yang bernama Dasar pemrograman. mata kuliah ini diajarkan di awal-awal dengan tujuan mahasiswa mampu mengenal apa itu program.
            tulisan ini di buat sebagai intro bagi mahasiswa yang akan mengenal pemrograman. untuk itu kita patut mengenal pengertian dari program.
            program adalah sekumpulan instruksi/perintah yang tersusun secara sistematis. perintah tersebut bertujuan untuk menyelesaikan suatu permasalahan. jika kita menghubungkan istilah program dengan komputer, maka permasalahan itu diselesaikan berdasarkan hitung-hitungan (to compute) yang disesuakan dengan algoritma tertentu.
            selain pengertian di atas. beberapa ahli juga membuat pengertian tersendiri berdasarkan pemahaman mereka. berikut ini akan saya sampaikan apa pengertian sebuah program menurut beberapa ahli.
pertama : Sukrisno menyetakan bahwa “Program adalah sekumpulan instruksi yang diwujudkan dalam bentuk bahasa, kode skema, ataupun bentuk lain, yang apabila digabungkan dengan media yang dapat dibaca dengan komputer akan mampu membuat komputer bekerja untuk melakukan fungsi-fungsi"
pada buku yang berjudul draft diktat kuliah dasar pemrograman yang ditulis oleh ibu Inggriani Liem, seorang Dosen Institute Teknologi Bandung. memberi gambaran bahwa program ialah :

Algoritma + Struktur Data = Program

pengertian di atas adalah paradigma pemrograman prosedural.


Comments