Analisa Pengujian Optimalisasi Kinerja Website, Sebuah Review





sebuah website dibangun atas perancangan yang rumit. melalui beberapa pengembangan rekayasa web yang telah ditentukan. tahapan-tahapan tersebut masuk dalam sistem software development life cycle (SDLC).
            setelah sebuah website di rancang, kemudian di buat, maka tahap akhir adalah pengujian. pada mata kuliah Analisa Kinerja Sistem, di jurusan Teknik Informatika kita akan mengenal sebuah teknik testing atau pengujian sebuah software. dalam hal ini kita akan membahas tentang pengujian sebuah website secara Black Box, artinya kita menguji pada tahap end user.
            pengertian black box testing adalah : “Black box testing adalah pengujian yang dilakukan hanya mengamati hasil eksekusi melalui data uji dan memeriksa fungsional dari perangkat lunak. Jadi dianalogikan seperti kita melihat suatu kotak hitam, kit hanya bisa melihat penampilan luarnya saja, tanpa tau ada apa dibalik bungkus hitam nya. Sama seperti pengujian black box, mengevaluasi hanya dari tampilan luarnya(interface nya) , fungsionalitasnya.tanpa mengetahui apa sesungguhnya yang terjadi dalam proses detilnya (hanya mengetahui input dan output).”
            pada pengujian blackbox kita memiliki beberapa kelebihan, antara lainnya adalah :
-          mengetahui apakah input dan output dari sebuah software sudah benar.
-          Cocok dan efisien untuk source code dengan skala besar.
-          Menguji program dari sudut pandang user.
-          Software tester dalam jumlah yang banyak dapat menguji program tersebut tanpa harus memiliki pengetahuan tentang programming.
selain itu black box testing juga memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
-          Black box testing berfokus pada kebutuhan fungsional pada software, berdasarkan pada spesifikasi kebutuhan dari software.
-          Black box testing bukan teknik alternatif daripada white box testing. Lebih daripada itu, ia merupakan pendekatan pelengkap dalam mencakup error dengan kelas yang berbeda dari metode white box testing.
-          Black box testing melakukan pengujian tanpa pengetahuan detil struktur internal dari sistem atau komponen yang dites. juga disebut sebagai behavioral testing, specification-based testing, input/output testing atau functional testing
setelah menemukan pemahaman sederhada tentang pengujian website maka saya akan membagikan sebuah presentasi dan sebuah paper tentang pengujian sebuah website.


dan di bawah ini adalah papernya.

Analisa Pengujian Optimalisasi Kinerja Website




Wahyu Dwi Pranata

Comments