Humanoid Vs Robot Industri

Pernahkan anda berfikir bagaimana robot diciptakan? Gagasan manusia tentang benda yang dapat membantu kerja manusia ini sudah ada sejak tahun 1941 yakni Isaac Asimov memprediksikan akan ada robot industri di masa datang. Robot industri pertama kali yang ada bernama UNIMATE di buat oleh George Devol pada tahun 1950-an dan digunakan oleh GM (general motors) pada tahun 1961 untuk membantu proses produksi supaya lebih cepat dan efisien.

Robot humanoid adalah robot yang menyerupai manusia, mempunyai sifat-sifat manusia . Robot humanoid yang sangat canggih saat ini bernama Asimo. Proyek yang dimulai sejak tahun 1986 ini dikeluarkan oleh Honda. Pada perkembangannya  mempunyai kemampuan menirukan perilaku manusia seperti berjalan, berbicara, mengukur jarak dan arah, dapat mengenali wajah seseorang, bisa membawakan minuman untuk anda dan lain-lain.
Jika suatu ketika anda berpapasan dengan Asimo robot. Pada jarak 1,5 meter dia akan menghindari anda supaya tidak terjadi tabrakan dengan berjalan menyamping, karena Asimo ini dapat mendeteksi keberadaan manusia di sekelilingnya.  
 

Comments