Tanya jawab atas presentasi Metodologi Pengembangan Sistem Informasi Manajemen (SDLC)


Tanya jawab atas presentasi Metodologi Pengembangan Sistem Informasi Management yang dilakukan oleh kelompok 4, kelas C

Sistem Informasi
Universitas Muria Kudus 
 
1.   Teguh Heri Purwanto (201453049) : Kalau seandainya kita melakukan penelitian metode apa yang paling efektif dan efisien digunakan ?

Jawab: bila kita melakukan penelitian kita bisa menggunakan metode System development Life Cycle(SDLC) karna System development Life Cycle SDLC ini memiliki tahap-tahap yang harus dilakukan secara urut serta dapat melakukan analisis suatu masalah lebih lama dari metode yang lain.


2.   Ayuk Atika(201453133) : Mengapa pada langkah-langkah Prototyping tidak dilakukan penyempurnaan seperti pada metode System development Life Cycle SDLC ?

Jawab : Sebenarnya penyempurnaan juga dilakukan dalam metode prototyping yaitu masuk pada langkah Uji prototype dan Evaluasi, karna pada langkah ini bertujuan untuk mengetahui apakah prototype dapat diterima. Apabila tidak maka prototype harus disempurnakan lagi untuk nantinya diuji kembali.

3.   Nadia Fitriasari(201453110) : Boleh tidak kita melewatkan salah satu tahap dalam metode SDLC ?


Jawab : didalam metode System development Life Cycle(SDLC) ada beberapa tahap yang harus dilaksnakan secara urut karna satu yang lain mempengaruhi langkah selanjutnya. Misalnya bila kita mau membuat program langkah pertama adalah melakukan perencanaan, kemudian analisis,
perancangan namun tidak dilakukan implementasi maka sistem akan berhenti sampai situ dan program tidak akan bias digunakan dan dievalusi.

4.   M.Noor Wibowo(201453050) : Apabila mengembangkan SIM menggunakan metode pengembangan proses cepat(PPC) dengan bantuan software apakah ada resiko, nah berapa prosentasi keberhasilan ?


Jawab : sebelum kita menggunakan sebuah metode pastinya kita sudah mempertimbangkan metode yang akan kita gunakan nanti sudah tepat atau belum, untuk masalah resiko dan prosentasi keberhasilan dalam menggunakan metode PPC kita tidak akan tahu sebelum kita mencobanya.

5.   Intan Laily(201453121) : Apakah dalam metode pengembangan proses cepat hanya menggunakan alat bantu perangkat lunak saja atau ada tahap yang harus dilakukan  ?

Jawab : Dalam metode pengembangan proses cepat(PPC) juga dilakukan tahap-tahap yang harus dilakukan sama seperti metode yang lainnya namun lebih dipadatkan,karna metode ini hanya dikhususkan bagi yang ingin mengembangkan Sistem Informasi Management dalam waktu jangka yang pendek.

Comments