Multinational Corporation
Pengertian
Multinational Corporation (MNC) Perusahaan multinasional (MNC) adalah
sebuah perusahaan internasional atau transnasional yang berkantor pusat di satu
negara tetapi kantor cabang di berbagai negara maju dan berkembang. Contohnya
termasuk General Motors, Coca-Cola, Firestone, Philips, Volkswagen, British
Petroleum, Exxon, dan ITT. Sebuah perusahaan akan menjadi perusahaan
multinasional berdasarkan
keuntungan untuk mendirikan produksi dan
kegiatan lainnya di lokasi asing. Perusahaan mengglobalisasikan kegiatan
mereka baik untuk memasok pasar dalam negeri-negara mereka , dan untuk melayani
pasar luar negeri secara langsung. Menjaga kegiatan asing dalam struktur
perusahaan memungkinkan perusahaan menghindari biaya yang melekat oleh perantara,
dengan entitas yang terpisah sambil memanfaatkan pengetahuan perusahaan mereka
sendiri.
Perusahaan multinasional (MNC),
merupakan perusahaan yang operasinya terdiri dari produk, pasar, bangsa, dan
budaya. MNC merupakan perusahaan induk dan sekelompok perusahaan anak.
Perusahaan anak tersebar secara geografis di seluruh wilayah dengan tujuan, kebijakan dan prosedur
sendiri.
Ada beberapa jenis Struktur Organisasi MNC menurut
William Egolhoff, yaitu:
1.
Divisi Fungsional Sedunia,
anak-anak perusahaan diorganisasikan menurut jalur fungsional – manufatur,
pemasaran dan keuangan. Area-area fungsional di anak perusahaan ini melapor
langsung pada pasangan fungsional mereka di perusahaan induk. Dengan pengaturan
ini, semua perencanaan startegis bagi MNC harus dilakukan pada tingkat
eksekutif puncak di perusahaan induk, karena data yg mengintegrasikan seluruh
operasi tak terdapat pada tingkat yg lebih tinggi Penggunaan Komputer di Pasar
Internasional Perusahaan Multinasional.
2.
Divisi Internasional Dalam struktur
ini, anak-anak perusahaan diluar negeri melapor pada suatu divisi internasional
MNC yg terpisah dari divisi induk. Untuk semua keperluan praktis, MNC ini
sebenarnya dua organisasi terpisah – satu yang mendukung operasi domestik dan –
satu yg mendukung anak-anak perusahaan. Penggunaan Komputer di Pasar
Internasional Perusahaan Multinasional.
3.
Wilayah Geografis Dalam struktur
ini, MNC membagi operasinya menjadi wilayah-wilayah dan tiap wilayah
bertanggung jawab atas anak-anak perusahaan yg berlokasi dalam batasnya. Staff
kantor pusat pada perusahaan induk biasanya sedikit, dan mengkoordinasikan arus
informasi antara perusahaan induk dan anak perusahaan. Keurangan struktur ini
adalah tak adanya komunikasi antar wilayah Penggunaan Komputer di Pasar
Internasional Perusahaan Multinasional.
4.
Divisi Produk Sedunia Dalam struktur
ini, perusahaan diorganisasikan menurut jalur divisi produk , dan tiap divisi
bertanggung jawab atas operasi mereka sendiri diseluruh dunia. Keunggulannya,
struktur ini memungkinkan MNC lebih mudah mengenali beragam kebutuhan produk
dari berbagai anak perusahaan dan menyesuaikan lini produk menurut kebutuhan
tersebut. Dtruktur organisasi ini menyediakan hubungan pelaporan yg berlainan
antara perusahaan induk dan anak perusahaan Penggunaan Komputer di Pasar
Internasional Perusahaan Multinasional.
makalah Sistem Informasi tentang Multi Nasional Corporation/
Computer Use in An International Marketplace
Comments
Post a Comment