Judul Skripsi Sistem Pakar atau Sistem Cerdas dan Sistem Pendukung Keputusan

mahasiswa teknik informatika yang ingin mengambil skripsi tentang sistem pendukung keputusan atau Decision Support system (DSS) harus mengerti dahulu arti dari DSS atau SPK.

Menurut Turban dkk.. (2005), SPK adalah pendekatan berbasis komputer atau metodologi untuk mendukung pengambilan keputusan. Bagian paling penting dari Sistem pendukung Keputusan (SPK) khas adalah data warehouse, yang merupakan subjekberorientasi, terpadu, waktu-varian, non-normalisasi, koleksi non-volatile data yang memungkinkan menganalisis sejumlah besar data dari berbagai sumber dengan hasil yang cepat.


Tahapan SPK yang ada:
    Definisi masalah
    Pengumpulan data atau elemen informasi yang relevan
    pengolahan data menjadi informasi baik dalam bentuk laporan grafik maupun tulisan
    menentukan alternatif-alternatif solusi (bisa dalam persentase atau deskritif)

Tujuan dari SPK:
    Membantu menyelesaikan masalah semi-terstruktur
    Mendukung manajer dalam mengambil keputusan suatu masalah
    Meningkatkan efektifitas bukan efisiensi pengambilan keputusan

Berikut ini daftar Judul Skripsi teknik informatika ITS yang bisa menjadi contoh atau acuan teman-teman yang masih bingung.


1.       PENGEMBANGAN SISTEM PAKAR BERBASIS KAIDAH NEURO-FUZZY, SEBAGAI DECISION SUPPORT SYSTEM UNTUK KEPERLUAN DIAGNOSTIC KERUSAKAN MESIN OTOMOTIV
2.       SISTEM MONITORING DAN TRACKING AKTIVITAS FISIK USER BERGERAK BERBASIS SENSOR ACCELEROMETER DAN GPS PADA PERANGKAT MOBILE BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE KLASIFIKASI DECISION TREE DAN NAÏVE BAYESIAN
3.       PENERAPAN ALGORITMA SQUEEZER UNTUK MEMBERIKAN REKOMENDASI PILIHAN LAGU BERDASARKAN DAFTAR LAGU YANG DIMAINKAN PADA PEMUTAR MP3 ANDROID
4.       IMPLEMENTASI PORTAL KOMPUTAS GRID UNTUK MULTI KLUSTER
5.       PERAMALAN E-COMMERCE GARMEN BERDASARKAN GREY MODEL
6.       PENGENALAN SPESIES TANAMAN BERDASARKAN BENTUK DAUN MENGGUNAKAN METODE KLASISIFIKASI MOVE MEDIAN CENTER (MMC) HYPERSPHERE
7.       RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING RR INTERVAL PADA DATA ELEKTROKARDIOGRAM BERBASIS METODE FIRST DERIVATIVE BASED TECHNIQUE (FDBT) UNTUK USER BERGERAK
8.       TRAVELLING SALESMAN PROBLEM MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIKA VIA GPS BERBASIS ANDAROID
9.       IMPLEMENTASI METODE ENSEMBLE NEURAL NETWORK UNTUK MODEL PREDIKSI KEBANGKRUTAN
10.   IMPLEMENTASI ALGORITMA GENETIKA PADA STRUKTUR BACKPROPAGATION NEURAL NETWORK UNTUK KLASIFIKASI KANKER PAYUDARA
11.   IMPLEMENTASI METODE BAGGING NEAREST NEIGHBOR SUPPORT VECTOR MACHINE UNTUK PREDIKSI KEBANGKRUTAN
12.   APLIKASI ENKRIPSI SMS DENGAN METODE RABIN PADA ANDROID
13.   IMPLEMENTASI ALGORITMA PENCARIAN K JALUR SEDERHANA TERPENDEK DALAM GRAF
14.   IMPLEMENTASI APLIKASI DATA WAREHOUSE DAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENGGUNAKAN STUDI KASUS PROYEK KONTRUKSI
15.   IMPLEMENTASI KD-TREE K-MEANS CLUSTERING UNTUK KLASTERISASI DOKUMEN
16.   IMPLEMENTASI DNA SIMILARITY MATCHING DENGAN SUGENO FUZZY INFERENCE SYSTEM PADA PERANGKAT MOBILE
17.   PERANCANGAN DAN PEMBANGUNAN MODUL REKOMENDASI SECTION PADA OPEN JOURNAL SYSTEM (OJS)
18.   IMPLEMENTASI DETEKSI MATA OTOMATIS MENGGUNAKAN PEMFILTERAN INTENSITAS DAN K-MEANS CLUSTERING
19.   OPTIMASI PERMASALAHAN PENUGASAN DOKTER MENGGUNAKAN REPRESENTASI GRAF BIPARTIT BERBOBOT
RANCANG BANGUN PROTOTYPE SISTEM PENGIDENTIFIKASI MANUVER KENDARAAN RODA EMPAT PADA PERANGKAT MOBILE DENGAN LOGIKA FUZZY DAN KLASIFIKASI NAIVE-BAYESIAN


terima kasih telah mengunjungi Website kami untuk mencari contoh judul skripsi Teknik Informatika dari ITS tentang Sistem Pendukung Keputusan.

Pengulasan tentang materi Kuliah SPK akan Saya sampaikan pada postingan lainnya. Pesan untuk mahasiswa teknik informatika yang mencari Judul Skripsi soal beginian, abang yakin kalo kamu lagi bingung ya ? atau galau karena gak dapet-dapet ide untuk segera menyelesaikan kuliah mu. :D


Comments

  1. Kunjungi blog saya juga y http://code-skripsi.blogspot.co.id/ banyak contoh penerapan aplikasi bermetode berbasis web (SPK, Sistem Pakar, Peramalan dan aplikasi lainnya). Terima kasih mimin.

    ReplyDelete

Post a Comment