Makalah Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Penerima Beasiswa Menggunakan Metode Topsis

BAB I.
Pendahuluan
Kemajuan teknologi computer dan informasi membawa dampak yang cukup besar dalam pengolahan data dan informasi. Teknologi tersebut dapat diterapkan untuk mendukung berjalannya aktifitas disemua bidang khususnya di bidang pemberian beasiswa untuk mahasiswa khususnya pada kampus universitas malikussaleh. Penanganan masalah penyeleksian mahasiswa penerima beasiswa dalam penelitian ini menggunakan metode TOPSIS (TECHNIQUE FOR OTHERS REFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION). Setelah melakukan penelitian maka untuk simulasi nama-nama calon disamarkan. Faktor-faktor yang dijadikan dasar pertimbangan adalah Semester, IPK, alat transportasi, pekerjaan orang tua, penghasilan orang tua, jumlah tanggungan orang tua, kondisi rumah dan sumber biaya. Seluruh atribut tersebut diproses dengan metode TOPSIS.

logo universitas muria kudus

BAB II.
LANDASAN TEORI
2.1 Pengertian Beasiswa
Pada dasarnya , beasiswa adalah penghasilan bagi yang menerimanya. Hal ini sesuai dengan ketentuan pasal 4 ayat (1) UU PPh / 2000. Disebutkan pengertian penghasilan adalah tambahan kemampuan ekonomis dengan nama dan dalam bentuk apa pun yang diterima atau diperoleh dari sumber Indonesia atau luar Indonesia yang dapat digunakan untuk konsumsi atau menambah kekayaan Wajib Pajak (WP). Karena beasiswa bisa diartikan menambah kemampuan ekonomis bagi penerimanya , berarti beasiswa merupakan penghasilan.

2.2 Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support System)
Sistem Pendukung Keputusan (SPK) merupakan suatu pendekatan atau metodelogi untuk mendukung keputusan. SPK menggunaka CBIS (Computer Based Information System) yang fleksibel , interaktif dan dapat diadaptasi , yang dikembangkan untuk mendukung solusi untuk masalah manajemen spesifik yang tidak terstruktur. SPK menggunakan data , memberikan antarmuka pengguna yang mudah dan dapat menggabungkan pemikiran pengambil keputusan.
2.3 TOPSIS Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) TOPSIS adalah salah satu metode pengambilan
keputusan multi criteria yang pertama kali diperkenalkan oleh Yonn dan Hwang (1981) dengan ide dasarnya adalah bahwa alternative yang dipilih memiliki jarak terdekat dengan solusi ideal positif dan memiliki jarak terjauh dasi solusi ideal negatif.

Berikut ini adalah contoh sebuah matriks dengan altrnatif dan criteria :

Dimana :
D = matriks
m = alternatife
n = criteria
Xij = alternatif ke – i dan criteria ke – j
2.5. Langkah Penyelesaian
Ada beberapa langkah penyelesaian topsis yang harus diperhatikan antara lain :
1. Membuat matriks keputusan yang ternormalisasi
2. Membuat matriks keputusan yang ternormalisasi terbobot
3. Menentukan matriks solusi ideal positif dan solusi ideal negatif
4. Menghitung separation measure
5. Menentukan jarak antara nilai setiap alternative dengan matriks solusi ideal positif dan negative
6. Menentukan nilai preferensi untuk setiap alternative
BAB III
Analisa Masalah
Dalam penyeleksian beasiswa dengan metode TOPSIS diperlukan criteria-kriteria dan bobot untuk melakukan perhitungannya sehingga didapat alternative yang terbaik.
3.1. Kriteria & Bobot
Dalam penyelesayan dengan metode topsis terapat criteria yang dibutuhkan untuk menentukan siapa yang akan terseleksi sebagai calon penerima beasiswa. Ada pun kriterianya sebagai berikut :
Tabel 1 : Kriteria
Ada pun yang menjadi pembobotan dari setiap criteria adalah sebagai berikut :
Tabel 2 : Pembobotan
3.2. Contoh kasus
Tabel 3 : Data Siswa
Nis :Nomor induk siswa
RNP : Rata- Rata nilai semester
SEM : Semester
JTOT : Jumlah tanggungan orang tua
POT : Penghasilan orang tua
NE : Nilai extra
3.3. Perhitungan seleksi beasiswa
Dari tabel data siswa di atas diperoleh kecocokan setiap alternative, seperti pada table berikut ini :
Tabel 4 : Kecocokan Setiap Alternatif
1.   Penentuan normalisasi  matriks keputusan

Dari perhitungan diatas maka akan diurutkan berdasarkan nilai masing – masing peserta. Nilai yang paling tinggi lebih layak direkomendasikan menjadi penerima beasiswa, digambarkan pada tabel dibawah ini :
Tabel 5 : Perangkingan




BAB IV
Kesimpulan dan Saran
4.1. Kesimpulan
Berdasarkan penjelasan pada bab-bab sebelumnya , maka penulis memberikan kesimpulan antara lain :
1.    Penentuan kriteria adalah tahapan awal dalam penerapan Metode topsis yang telah diterjemahkan dari bentuk fuzzy ke bentuk bilangan crips dimana pemodelan dengan fuzzy multi Atrribut Decesion Making (FMADM) .
2.    Dari pengujian yang telah dilakukan maka metode Topsis dalam Sistem Pendukung Keputusan mampu memberikan perhitungan perankingan dan solusi siapa yang layak untuk menerima beasiswa.

4.2. Saran
Untuk pengembangan penelitian ini maka penulis memberikan saran kepada semua pihak yang membaca :
1.    Sebaiknya Pihak sekolah menambahkan beberapa kriteria untuk mengoptimalkan hasil dari perhitungan dengan metode Topsis
2.    Admin diharapkan dapat menerima dan menjalankan sistem pendukung keputusan ini secara maksimal dan baik sehingga tidak terjadi kesalahan dalam proses pemilihan.
3.    Penggunaan sistem pendukung keputusan seleksi ini dikembangkan dan perlu ditambah dengan informasi yang lebih akurat dan jelas.
4.    Hasil pengembangan lebih lanjut terhadap sistem adalah membangun sistem yang lebih aman dan user friendly dan memungkinkan penambahan satu metode baru.

DAFTAR PUSTAKA
Kusumadewi, Sri, dkk. 2006. Fuzzy Multi Attribute Decision Making.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kusumadewi, Sri. 2003. Artificial Inteligence(Teknik dan Aplikasinya). Yogyakarta: Graha Ilmu.

http://student.eepisits.edu/~giant/DB2/db2_6TOPSIS.pdf (diakses 22 Juli 2013, 2013 jam 6:11)

ahanshahloo. G.R, Hosseinzadeh Lotfi ., M. Izadikhahat. 2006. Extension of the TOPSIS Method for Decision-MakingProblems with Fuzzy Data. Elsevier

http://w4hyuwidodo.wordpress.com/2010/07/07/sistem-pendukung-keputusan-denganmethode-topsis/ (diakses 27Mei 2011, 2013 jam 6:15)
http://berpikirtentangmu.blogspot.com/2015/09/Pengertian-Sistem-Pendukung-Keputusan-Menurut-Para-Ahli.html (diakses 27 Mei 2013  jam 6:20)

http://nzircui.wordpress.com/category/ topsis/(diakses 21 juli 2013, 2013 jam 6:20)


untuk mendapatkan File makalah lengkap untuk SPK Makalah Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan  Penerima Beasiswa Menggunakan Metode Topsis ada di SINI. KLIK ya.

untuk mendapatkan perhitungan metode TOPSIS dalam bentuk excelnya DI SINI.
ini adalah tugas matakuliah Sistem Pendukung Keputusan pada program studi Teknik Informatika Universitas Muria Kudus

Disusun Oleh :
1.      Linda Mutiara Sari (201351095)
2.      Rio Yogi Ardika (201351104)
3.      M. Fathin Ni’am (201351067)
4.      Dhani yusuf darmawan (201351048)

Comments