Bab 4 Laporan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru

  4.1            Definisi Masalah
. Siswa masuk ke ruangan yang telah tersedia sesuai dengan kartu ujian, setelah itu pengawas ujian penerimaan siswa baru membagikan lembar soal dan siswa mengerjakanya,  setelah selesai siswa mengumpulkan lembar. Beberapa hari kemudian baru akan diumumkan hasilnya,karena pengoreksian di lakukan satu per satu maka untuk pengumuman hasil ujian seleksi penerimaan siswa baru tidak bisa langsung di lihat hasilnya, calon siswa harus menunggu beberapa hari untuk melihat hasil pengumuman. Karena belum ada sistem informasi untuk mengelolanya.
Berdasarkan permasalahan diatas, untuk pelaksanaan ujian seleksi penerimaan siswa baru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kudus membutuhkan suatu sistem pengelolaan ujian seleksi yang masih konvensional menjadi sistem ujian seleksi penerimaan siswa baru yang terkomputerisasi, sehingga nantinya akan mempermudah panitia dalam menjalankan proses ujian, mengelola hasil ujian dan menghemat pengeluaran berkas soal maupun jawaban. Hal ini juga meringankan siswa dalam arti calon siswa tidak harus menunggu hasil ujian dan melihat hasil ujian dilain hari tetapi calon siswa langsung bisa mengetahui hasil ujian setelah waktu ujian selesai



  4.2            Analisis Sistem
        4.2.1            Paparan Sistem Penerimaan Siswa Baru yang Berjalan
1.      Calon siswa melakukan registrasi ke bagian TU/Tata Usaha dengan mengisi formulir data diri yang sudah disediakan.
2.      Formulir dan berkas-berkas yang menjadi persyaratan diserahkan oleh calon siswa kepada bagian TU/Tata Usaha.
3.      Data peseta ujian seleksi diserahkan ke Panitia PSB.
4.      Setelah itu peserta mengikuti tahap seleksi wawancara.
5.      Peserta akan melaksanakan ujian pada hari dan waktu yang telah ditentukan
6.       Dalam pelaksanakan ujian seleksi penerimaan siswa baru, peserta diberikan sejumlah soal untuk diselesaikan dalam waktu yang telah ditentukan.
7.      Soal ujian berupa pilihan ganda dimana hanya ada satu pilihan benar yang menjadi kunci jawaban.
8.      Setelah waktu untuk pengerjaan soal ujian selesai, Jawaban peserta dikumpulkan ke Panitia PSB.
9.      Panitia akan mengoreksi jawaban peserta apakah sesuai dengan kunci jawaban atau tidak.
10.  Hasil pengoreksian ini, akan dijumlahkan nilainya dengan nilai tahapan seleksi baca tulis dan wawancara. kemudian diurutkan secara descending berdasarkan jumlah nilai tersebut.
11.  Untuk menentukan jumlah peserta yang diterima panitia PSB menyesuaikan dengan kapasitas ruang maupun pengajar yang telah ditentukan sebelumnya.
12.  Hasil ujian ini akan diumumkan kepada peserta ujian.
13.  Data peserta ujian yang lulus seleksi akan diserahkan ke bagian TU/Tata Usaha.


        4.2.2            Ruang Lingkup Sistem Ujian Online
Dari paparan sistem diatas merupakan keseluruhan dari sistem penerimaan siswa baru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kudus. Sistem penerimaan siswa baru ini meliputi kegiatan pendaftaran tahap awal yang dilakukan oleh bagian Tata Usaha, kegiatan seleksi penerimaan siswa baru oleh panitia PSB, hingga tahapan tes Baca Tulis Al Quran dan Wawancara. Sedangkan untuk sistem ujian online adalah sistem yang hanya membahas kegiatan seleksi oleh Panitia PSB. Kegiatan ini meliputi: pengolahan  soal ujian, pendataan peserta ujian, pelaksanaan ujian, pengumuman hasil ujian.
        4.2.3            Analisis Kebutuhan Data dan Informasi
Kebutuhan data dan informasi untuk sistem ujian online adalah sebagai berikut:
1.         Data
Data data yang diperlukan antara lain:
a.    Data siswa
b.   Data soal, pilihan jawaban,
c.    Data kunci jawaban
d.   Data jawaban peserta ujian
e.    Data Kategori soal
f.    Data nilai ujian
2.         Informasi
Informasi yang ingin dihasilkan antara lain adalah:
a.    Informasi tentang ujian yang dilaksanakan oleh peserta
b.   Informasi tentang nilai hasil ujian seleksi penerimaan siswa baru
c.    Informasi tentang daftar peserta yang diterima menjadi siswa baru di MAN 1 Kudus
        4.2.4            Analisis Kebutuhan Perangkat Lunak
Kebutuhan perangkat lunak untuk membangun sistem ujian online pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Kudus adalah sebagai berikut:
1.    OS Windows 7
2.    Dreamweaver CS 5
3.    Office Visio 2007
4.    Microsoft Office
5.    Essy Case
6.    Xampp 1.7.3
7.    Browser Mozilla Firefox
        4.2.5            Analisis Kebutuhan  Perangkat Keras
Hardware yang dibutuhkan untuk menjalankan sistem adalah :
a.     Processor                     : Core 2 Duo/diatasnya
b.    Ram                             : DDR II 2 Gb
c.     Harddisk                                 : 250 Gb
d.    VGA Memory             : 128 Mb
e.     Monitor/LCD              : 14”
f.     Keyboard dan Mouse
  4.3            Perancangan Permodelan Sistem
4.3.1           Context Diagram

     Diagram konteks merupakan diagram yang terdiri dari suatu proses menggambarkan ruang lingkup suatu system. Diagram konteks tersebut menggambarkan suatu bagan aliran data yang dijabarkan secara global menggambarkan aliran data yang bersumber dari admin menghasilkan suatu inputan yang pertama berupa data siswa, inputan soal, inputan kategori soal dan inputan mata pelajaran. Siswa/ peserta ujian juga berperan sebagai user yang bertugas mengerjakan soal ujian dan mendapatkan nilai ujian dan panitia penerimaan siswa baru mendapatkan pelaporan nilai ujian dan data siswa. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar 4.1:

4.3.1           DFD Level 0

Di dalam alur DFD level 0 admin login kemudian admin input data siswa, input kategori soal, input maple, input soal. Siswa login ke system kemudian mengerjakan soal. Panitia penerimaan siswa baru login ke sistem kemudian mendapatkan laporan nilai ujian dan mendapatkan laporan data siswa. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar 4.4

Tabel 4.1
Field
Type
Size
Keterangan
no_pendaftaran
Integer
10
No pendaftaran peserta
Nama
Varchar
30
Nama siswa
tempat
Varchar
10
Tempat lahir siswa
Tgl_lhr
Date
-
Tanggal lahir siswa
Jenis_kelamin
Varchar
10
Jenis kelamin siswa
alamat
Text
-
Alamat siswa

1.         Tabel kategori soal
        Nama tabel : kategori_soal
        Primary key : id_kategori
Tabel 4.2
Field
Type
Size
Keterangan
Id_kategori
Integer
10
Id kategori
Nama_kategori
Varchar
15
Nama kategori
Poin
double
-
Poin nilai kategori

2.         Tabel Login
Nama tabel : login
Primary key : username
Tabel 4.3
Field
Type
Size
Keterangan
username
Varchar
25
Nama username
password
Varchar
25
Password username
level
integer
4
Level admin

3.         Tabel Mapel
Nama tabel : mapel
Primary key : kode_mapel

Tabel 4.4
Field
Type
Size
Keterangan
Kode_mapel
varchar
10
Kode mata pelajaran
Nama_mapel
varchar
100
Nama mata pelajaran

4.         Tabel Nilai
Nama tabel : nilai
Primary key : no_ujian
Unique key: no_pendaftaran
Tabel 4.5
Field
Type
Size
Keterangan
no_ujian
integer
10
No ujian siswa
no_pendaftaran
integer
10
No pendaftaran siswa

5.         Tabel soal
Nama tabel : soal
Primary key : id_soal
Tabel 4.6
Field                
Type
Size
Keterangan
Id_soal
Integer
10
Id soal
Id_kategori
integer
10
Kategori soal
Kode_mapel
Varchar
10
Kode mata pelajaran
soal
Text
-
Soal
Pilihan_a
Text
-
Pilihan a
Pilihan_b
Text
-
Pilihan b
Pilihan_c
Text
-
Pilihan c
Pilihan_d
Text
-
Pilihan d
Pilihan_e
Text
-
Pilihan e
Pilihan_benar
text
-
Jawaban benar/ kunci


6.         Tabel ujian
Nama tabel : tabel_ujian
Primary key : no_ujian
Tabel 4.7
Field
Type
Size
Keterangan
No_ujian
Integer
10
No ujian siswa
No_pendaftaran
Integer
10
No pendaftaran siswa
Id_soal
integer
10
Id soal siswa
jawaban
Text
-
Jawaban hasil ujian
Status jawaban
Text
-
Status jawaban benar atau salah

Dalam perancangan database diatas terdapat tebel tabel yang saling berhubungan/ relasi antar tabel. Relasi antar tabel untuk lebih jelasnya digambarkan sebagai berikut.
  4.1            Perancangan Desain Interface Program Sistem Informasi
a.       Halaman Login Admin
Pada halaman ini yang bisa mengakses adalah admin, halaman ini merupakan kunci untuk bisa masuk kedalam sistem ujian online penerimaan siswa baru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kudus. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar 4.11.


untuk mendapatkan full makalah nya pada bab 4 ini bisa di download di LINK ini

Comments