4.1
Definisi
Masalah
.
Siswa masuk ke ruangan yang telah tersedia sesuai
dengan kartu ujian, setelah itu pengawas ujian penerimaan siswa baru membagikan
lembar soal dan siswa mengerjakanya, setelah
selesai siswa mengumpulkan lembar.
Beberapa hari kemudian baru akan diumumkan hasilnya,karena pengoreksian di lakukan satu per satu maka untuk pengumuman hasil
ujian seleksi penerimaan siswa baru tidak bisa langsung di
lihat hasilnya, calon siswa harus menunggu beberapa
hari untuk melihat hasil pengumuman. Karena belum ada sistem informasi untuk
mengelolanya.
Berdasarkan permasalahan diatas,
untuk pelaksanaan ujian seleksi penerimaan siswa baru di Madrasah Aliyah Negeri
1 Kudus membutuhkan suatu sistem pengelolaan ujian seleksi yang masih
konvensional menjadi sistem ujian seleksi penerimaan siswa baru yang
terkomputerisasi, sehingga nantinya akan mempermudah panitia dalam menjalankan
proses ujian, mengelola hasil ujian dan menghemat pengeluaran berkas soal
maupun jawaban. Hal ini juga meringankan siswa dalam arti calon siswa tidak
harus menunggu hasil ujian dan melihat hasil ujian dilain hari tetapi calon
siswa langsung bisa mengetahui hasil ujian setelah waktu ujian selesai
4.2
Analisis
Sistem
4.2.1
Paparan
Sistem Penerimaan Siswa Baru yang Berjalan
1.
Calon siswa melakukan registrasi ke bagian TU/Tata Usaha dengan mengisi
formulir data diri yang sudah disediakan.
2.
Formulir dan berkas-berkas yang menjadi persyaratan diserahkan oleh calon
siswa kepada bagian TU/Tata Usaha.
3.
Data peseta ujian seleksi diserahkan ke Panitia PSB.
4.
Setelah itu peserta mengikuti tahap seleksi wawancara.
5.
Peserta akan melaksanakan ujian pada hari dan waktu yang telah ditentukan
6.
Dalam pelaksanakan ujian seleksi
penerimaan siswa baru, peserta diberikan sejumlah soal untuk diselesaikan dalam
waktu yang telah ditentukan.
7.
Soal ujian berupa pilihan ganda dimana hanya ada satu pilihan benar yang
menjadi kunci jawaban.
8.
Setelah waktu untuk pengerjaan soal ujian selesai, Jawaban peserta
dikumpulkan ke Panitia PSB.
9.
Panitia akan mengoreksi jawaban peserta apakah sesuai dengan kunci
jawaban atau tidak.
10.
Hasil pengoreksian ini, akan dijumlahkan nilainya dengan nilai tahapan
seleksi baca tulis dan wawancara. kemudian diurutkan secara descending berdasarkan
jumlah nilai tersebut.
11.
Untuk menentukan jumlah peserta yang diterima panitia PSB menyesuaikan
dengan kapasitas ruang maupun pengajar yang telah ditentukan sebelumnya.
12.
Hasil ujian ini akan diumumkan kepada peserta ujian.
13.
Data peserta ujian yang lulus seleksi akan diserahkan ke bagian TU/Tata
Usaha.
4.2.2
Ruang
Lingkup Sistem Ujian Online
Dari
paparan sistem diatas merupakan keseluruhan dari sistem penerimaan siswa baru
di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kudus. Sistem penerimaan siswa baru ini meliputi
kegiatan pendaftaran tahap awal yang dilakukan oleh bagian Tata Usaha, kegiatan
seleksi penerimaan siswa baru oleh panitia PSB, hingga tahapan tes Baca Tulis
Al Quran dan Wawancara. Sedangkan untuk sistem ujian online adalah sistem yang hanya membahas kegiatan seleksi oleh
Panitia PSB. Kegiatan ini meliputi: pengolahan soal ujian, pendataan peserta ujian,
pelaksanaan ujian, pengumuman hasil ujian.
4.2.3
Analisis
Kebutuhan Data dan Informasi
Kebutuhan data dan informasi
untuk sistem ujian online adalah sebagai berikut:
1.
Data
Data
data yang diperlukan antara lain:
a.
Data siswa
b.
Data soal, pilihan jawaban,
c.
Data kunci jawaban
d.
Data jawaban peserta ujian
e.
Data Kategori soal
f.
Data nilai ujian
2.
Informasi
Informasi
yang ingin dihasilkan antara lain adalah:
a.
Informasi tentang ujian yang dilaksanakan oleh peserta
b.
Informasi tentang nilai hasil ujian seleksi penerimaan siswa baru
c.
Informasi tentang daftar peserta yang diterima menjadi siswa baru di MAN
1 Kudus
4.2.4
Analisis
Kebutuhan Perangkat Lunak
Kebutuhan perangkat lunak untuk membangun sistem ujian online pada Madrasah Aliyah
Negeri 1 Kudus
adalah sebagai berikut:
1.
OS Windows 7
2.
Dreamweaver CS 5
3.
Office Visio 2007
4.
Microsoft Office
5.
Essy Case
6.
Xampp 1.7.3
7.
Browser Mozilla Firefox
4.2.5
Analisis
Kebutuhan Perangkat Keras
Hardware yang
dibutuhkan untuk menjalankan sistem adalah :
a.
Processor : Core 2 Duo/diatasnya
b.
Ram : DDR II 2 Gb
c.
Harddisk : 250 Gb
d.
VGA Memory : 128 Mb
e.
Monitor/LCD :
14”
f. Keyboard dan Mouse
4.3
Perancangan
Permodelan Sistem
4.3.1
Context
Diagram
Diagram konteks merupakan
diagram yang terdiri dari suatu proses menggambarkan ruang lingkup suatu
system. Diagram konteks tersebut menggambarkan suatu bagan aliran data yang
dijabarkan secara global menggambarkan aliran data yang bersumber dari admin
menghasilkan suatu inputan yang pertama berupa data siswa, inputan soal,
inputan kategori soal dan inputan mata pelajaran. Siswa/ peserta ujian juga
berperan sebagai user yang bertugas mengerjakan soal ujian dan mendapatkan
nilai ujian dan panitia penerimaan siswa baru mendapatkan pelaporan nilai ujian
dan data siswa. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar 4.1:
4.3.1
DFD Level 0
Di dalam alur DFD level 0 admin login kemudian admin input data siswa, input kategori soal, input maple, input soal. Siswa login ke system kemudian mengerjakan soal. Panitia penerimaan siswa baru login ke sistem kemudian mendapatkan laporan nilai ujian dan mendapatkan laporan data siswa. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar 4.4
Tabel
4.1
Field
|
Type
|
Size
|
Keterangan
|
no_pendaftaran
|
Integer
|
10
|
No pendaftaran peserta
|
Nama
|
Varchar
|
30
|
Nama siswa
|
tempat
|
Varchar
|
10
|
Tempat lahir siswa
|
Tgl_lhr
|
Date
|
-
|
Tanggal lahir siswa
|
Jenis_kelamin
|
Varchar
|
10
|
Jenis kelamin siswa
|
alamat
|
Text
|
-
|
Alamat siswa
|
1.
Tabel kategori soal
Nama tabel : kategori_soal
Primary key : id_kategori
Tabel
4.2
Field
|
Type
|
Size
|
Keterangan
|
Id_kategori
|
Integer
|
10
|
Id kategori
|
Nama_kategori
|
Varchar
|
15
|
Nama kategori
|
Poin
|
double
|
-
|
Poin nilai kategori
|
2.
Tabel Login
Nama
tabel : login
Primary
key : username
Tabel
4.3
Field
|
Type
|
Size
|
Keterangan
|
username
|
Varchar
|
25
|
Nama username
|
password
|
Varchar
|
25
|
Password username
|
level
|
integer
|
4
|
Level admin
|
3.
Tabel Mapel
Nama
tabel : mapel
Primary
key : kode_mapel
Tabel
4.4
Field
|
Type
|
Size
|
Keterangan
|
Kode_mapel
|
varchar
|
10
|
Kode mata pelajaran
|
Nama_mapel
|
varchar
|
100
|
Nama mata pelajaran
|
4.
Tabel Nilai
Nama
tabel : nilai
Primary
key : no_ujian
Unique
key: no_pendaftaran
Tabel
4.5
Field
|
Type
|
Size
|
Keterangan
|
no_ujian
|
integer
|
10
|
No ujian siswa
|
no_pendaftaran
|
integer
|
10
|
No pendaftaran siswa
|
5.
Tabel soal
Nama
tabel : soal
Primary
key : id_soal
Tabel
4.6
Field
|
Type
|
Size
|
Keterangan
|
Id_soal
|
Integer
|
10
|
Id soal
|
Id_kategori
|
integer
|
10
|
Kategori soal
|
Kode_mapel
|
Varchar
|
10
|
Kode mata pelajaran
|
soal
|
Text
|
-
|
Soal
|
Pilihan_a
|
Text
|
-
|
Pilihan a
|
Pilihan_b
|
Text
|
-
|
Pilihan b
|
Pilihan_c
|
Text
|
-
|
Pilihan c
|
Pilihan_d
|
Text
|
-
|
Pilihan d
|
Pilihan_e
|
Text
|
-
|
Pilihan e
|
Pilihan_benar
|
text
|
-
|
Jawaban benar/ kunci
|
6.
Tabel ujian
Nama
tabel : tabel_ujian
Primary
key : no_ujian
Tabel
4.7
Field
|
Type
|
Size
|
Keterangan
|
No_ujian
|
Integer
|
10
|
No ujian siswa
|
No_pendaftaran
|
Integer
|
10
|
No pendaftaran siswa
|
Id_soal
|
integer
|
10
|
Id soal siswa
|
jawaban
|
Text
|
-
|
Jawaban hasil ujian
|
Status jawaban
|
Text
|
-
|
Status jawaban benar atau
salah
|
Dalam perancangan database
diatas terdapat tebel tabel yang saling berhubungan/ relasi antar tabel. Relasi
antar tabel untuk lebih jelasnya digambarkan sebagai berikut.
4.1
Perancangan
Desain Interface Program Sistem Informasi
a.
Halaman Login Admin
Pada
halaman ini yang bisa mengakses adalah admin, halaman ini merupakan kunci untuk
bisa masuk kedalam sistem ujian online penerimaan siswa baru di Madrasah Aliyah
Negeri 1 Kudus. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar 4.11.
untuk mendapatkan full makalah nya pada bab 4 ini bisa di download di LINK ini
Comments
Post a Comment