Oleh : Tutik Khotimah
Dosen Teknik Informatika UMK
Perpustakaan UMK menyediakan berbagai sumber pustaka bagi para anggotanya, mulai dari buku-buku ilmiah, buku-buku umum, maupun fiksi. Selain memberikan pelayanan pinjam-kembali kepada para anggotanya, perpustakaan juga menyediakan sumber pustaka tersebut untuk dibaca di tempat bagi para pengunjung. Pengunjung perpustakaan tidak diwajibkan menjadi anggota. Siapa saja diperbolehkan memanfaatkan fasilitas yang disediakan perpustakaan dengan peraturan-peraturan yang telah ditetapkan.
Anggota perpustakaan
dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu anggota biasa (terdiri dari mahasiswa UMK) dan
anggota khusus (terdiri dari karyawan dan dosen UMK). Untuk anggota biasa hanya
diperbolehkan meminjam buku hingga 2 eksemplar setiap transaksinya dengan batas
waktu 7 hari. Sedangkan anggota khusus diperbolehkan meminjam buku hingga 3
eksemplar dengan batas waktu 1 semester. Apabila terlambat dalam pengembalian,
masing-masing anggota diwajibkan untuk membayar denda dihitung per hari
keterlambatan.
Untuk
mempermudah proses transaksi dan kegiatan sehari-hari dalam perpustakaan, pihak
manajemen ingin menerapkan sistem yang dapat digunakan untuk mengelola buku,
karyawan, anggota, dan menangani transaksi-transaksi harian seperti transaksi
peminjaman dan pengembalian buku, pendaftaran anggota, transaksi pembelian buku
dsb. Selain itu, sistem nantinya dapat memberikan laporan-laporan yang
dibutuhkan oleh pihak manajemen.
Sistem
perpustakaan ini nantinya dipasang di empat titik. Pertama, di bagian
administrasi yang akan mencatat buku-buku yang masuk dan melakukan kontrol
terhadap buku-buku tersebut. Selain itu, komputer ini juga akan digunakan untuk
mengelola data karyawan, mulai dari pendataan karyawan hingga penggajiannya.
Komputer kedua diletakkan di bagian front-end yang akan menangani transaksi
peminjaman dan pengembalian buku, pendaftaran anggota dan mencetak kartu
anggota bagi para anggotanya. Di komputer ini juga disediakan informasi buku
yang dimiliki perpustakaan beserta keterangan keberadaannya, apakah buku
tersebut sedang stand-by di perpustakaan, atau sedang dipinjam oleh anggota
lain. Komputer ketiga akan dipasang di ruang baca. Komputer ini akan digunakan
untuk mengelola data pengunjung perpustakaan sehingga dapat diketahui siapa
saja yang memanfaatkan fasilitas perpustakaan dan melakukan kontrol
terhadapnya. Selain itu, di komputer ini juga disediakan informasi kepada pengunjung tentang buku-buku
apa saja yang disediakan di perpustakaan. Komputer keempat dikhususkan untuk
kepala perpustakaan sebagai pihak manajemen yang akan menerima output dari
adanya sistem ini.
Karyawan di
perpustakaan UMK ada dua macam: karyawan tetap dan karyawan tidak tetap.
Karyawan tetap terdiri dari 4 orang (1orang sebagai kepala perpustakaan) yang
berperan dalam proses bisnis di perpustakaan. Keempat orang ini dibantu oleh
beberapa orang mahasiswa magang yang berstatus sebagai karyawan tidak tetap.
Mereka ini yang akan menjadi petugas perpustakaan yang melayani transaksi
kepada para anggotanya.
referensi yg baik buat saya. deployment ama component nya jelas, langsung ngerti. terimakasih postingannya
ReplyDelete