Biaya Pendidikan Naik, Sudah Pantaskah?










 
 Saya masuk udinus pada tahun 2011. Saya masuk diprogram studi Teknik informatika. Ketika saya masuk di Universitas ini, saya membayangkan bahwa universitas ini sangat bagus dalam bidang TI. Seperti yang saya baca diberita dan beberapa artikel di web dinus. Ya, dia mengklaim bahwa dia adalah universitas swasta terbesar di jawa tengah dalam bidang TI. Sehingga saya putuskan untuk menimba ilmu di sini.
            Pada tahun saya masuk dahulu, saya di mintai uang pembayaran sebesar 17.500.000 juta untuk sumbangan pembangunan, 900.000 untuk uang kuliah yang di bayarkan tiap semester, 150.000 untuk uang poliklinik juga dibayar pada tiap semester, serta 100.000 untuk tiap sks yang di ambil sebagai bahan kuliahnya pada setiap semester pula.
            Sampai saat ini ternyata tak terasa aku sudah  menempuh 3 semester di kampus yang identik dengan warna biru ini. dari gedung A sampai gedung G sudah pernah aku masuki, yang paling tinggi adalah gedung D yakni memiliki 5 lantai dengan fasilitas lift. Di dalam gedung D ini sebenarnya menjadi pusat dari perkuliahan mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer. Ada ruang dekan, ruang dosen, ruang tata usaha, dan beberapa ruang kegiatan mahasiswa tingkat fakultas ada di lantai dasar.
            Gambar gedung D
            Pada saat semester 3 saya mendapati mata kuliah Struktur data. Pada mata  kuliah ini saya dan teman-teman saya mempunyai tanggung jawab 4 sks yang terdiri dari teori dan praktek. Kelompok A11.4301.U seminggu sekali dijadwalkan masuk lab D.2.H. iya, beruntunglah saya bisa masuk di kelompok yang belakangnya U. Itu menandakan kami ini kelompok Unggulan. Kami mendapat perlakuan yang sama dengan mahasiswa lain, tugas setiap minggu harus dikerjakan. Tapi sayangnya sering juga saat kami menggunakan komputer di lab itu, tiba2 komputer mati dengan sendirinya dan akhirnya pekerjaan membuat program yang sudah kami kerjakan terpaksa hilang. Ada mouse yang tidak bisa di gunakan dan beberapa  keyboard juga.
            Saya sebagai orang yang alergi terhadap asap rokok juga masih mendapati para perokok yang nekat merokok didalam gedung D, meskipun sudah ada tulisan dilarang merokok yang di pasang di beberapa tempat. Sudah di sediakan juga satu area merokok yang tidak terlalu lebar dan di pojok gedung.
            meskipun sudah disediakan mading sebagai tempat menempel pengumuman namun masih ada juga orang2 yang kurang memperhatikan nilai estetika sehingga dia nekat memasang pada tempat2 yang tak lazim. Contohnya di dekat pintu lift gedung D lantai 2.
            Gambar poster dan pengumuman

             Pada tahun 2011 Udinus berhasil menerima lebih dari 2800 mahasiswa. Dan 3000 mahasiswa lebih, keberhasilan ini terulang lagi pada tahun 2012. Saya acungi jempol untuk keberhasilan ini, namun yang jadi pertanyaan apakah memang sudah siap dengan segala fasilitas yang ada ? tenaga pengajar? Infrastruktur dan lainnya?
            Perbandingan kedua kampus Amikom JOGJA VS UDINUS SEMARANG
Dilihat dari infrastruktur gedung
Gambar kedua gedung
Bisa anda lihat sendiri pada gambar, apa kelebihan dari gedung AMIKOM dan apa kelebihan Gedung G milik Udinus dijalan Imam Bonjol. Ini baru tampilan luar belum kita masuk ke dalamnya.
 Karena saya mahasiswa udinus jadi saya bisa mengambil foto-foto sisi lain dari kampus udinus ini. berikut ini adalah potretnya.
1.      Meskipun kehujanan siswa taekwondo masih tetap berlatih. Karena udinus tidak memiliki gedung pusat kegiatan mahasiswa (PKM) yang representatif dan tidak memiliki gelanggang untuk berolah raga maka terpaksa ukm taekwondo dan ukm karate terpaksa berlatih di halaman PKM. Dan suatu ketika saat hujan lebat mereka terpaksa menikmati latihan seperti ini.
2.      Pembangunan gedung yang tidak memenuhi standart, lihat saja apakah benar pembangunan gedung yang menggunakan bambu dan tali ijuk sebagai penyangga sudah memenuhi kriteria keamanan, kesehatan dan keselamatan kerja (K3)?
3.      Pemasangan selebaran pengumuman yang masih sembarangan, lihat gambar satu. Itu merupakan sebuah pengumuman BK yang di pasang di samping Lift gedung D. Dan gambar 2 itu merupakan pengumuman wakil Mawapres dari fakultas ilmu komputer yang dipasang sembarangan, didepan tata usaha gedung D FIK. Terlihat pemasangan itu merusak pemandangan dan menghalangi orang-orang yang mau lewat.
4.      Ini merupakan bambu sisa dari penyangga untuk proses pengecatan gedung biar terlihat bagus. Cat baru berarti tampak bagus jika dilihat dari jauh. Bambu-bambu itu terlihat berserakan.

Dilihat dari rangking TeSCa 2012 Udinus dibawah AMIKOM
Perlu Di beritahukan bahwa tesca merupakan penghargaan yang di berikan kepada kampus terpintar di indonesia UI juara satu ,di ikuti Gunadarma dan Bina Nusantara. AMIKOM ada di urutan 11 lebih baik dari ITS, Undip, Unnes dan Udinus berada di urutan 18 di bawah mereka. Adapun indikator penilaian
predikat kampus pintar versi TesCA 2011 meliputi tata kelola kampus, infrastruktur dan fasilitas, sistem dan aplikasi, informasi dan konten, serta pemangku kepentingan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dilingkup universitas.



Dilihat dari rangking http://www.webometrics.info

Menurut rangking http://www.webometrics.info posisi udinus juga berada di bawah Amikom. Amikom menduduki peringkat 33 sedang udinus berada  pada peringkat 41. Berita seperti ini saya baca dari edukasi kompas dan halaman milik dikti.

Home page website Amikom VS Udinus

Inilah gambaran website peraih TeSCa peringkat 11 dan 18. Mungkin anda bisa melihat lihat sendiri dan mencoba berselancar di website keduanya secara bergantian.

Gambar web amikom dan web dinus













Biaya SKS UDINUS VS AMIKOM

Rencananya tahun ajaran 2013 ini mahasiswa baru S1 Teknik Informatika UDINUS akan diganjar uang Uang pendidikan sebesar 150.000 per SKS. Jauh lebih murah di Amikom yang hanya 70 ribu rupiah per SKS untuk tahun ajaran yang sama.


misal seorang mahasiswa UDINUS menempuh 20 SKS selama satu semester. Maka biaya persemesternya adalah

No
Jenis Biaya
Besar biaya
keterangan

1
Uang kuliah pokok
1500000
1
1.500.000
2
Uang SKS
150000
20
3.000.000
3
Uang Poliklinik
200000
1
  200.000
4
Modul
-


5
USPI
-


TOTAL
4.700.000







 



 





hitungan diatas. Belum termasuk sumbangan pengembangan yang bisa mencapai 17,5 juta dan uang modul.

100.000 jadi 150.000 Ini juga berarti bahwa biaya sks untuk tahun ajaran 2013 akan naik sebesar 50 % dari tahun 2011 dan 2012. untuk biaya poliklinik juga dari 150.000 kini akan naik jadi 200.000 yang harus dibayarkan per semester. Ini berarti naik sebesar 33,3 %. Sedangkan tahukah anda bahwa tinggat inflasi nasional itu hanya sekitar 6-7 % setahun.Apakah ini wajar??? Semoga perbandingan ini menjadikan kita semua lebih Baik.

Comments

  1. Bang mau nanya, semua biaya itu apakah sudah termasuk uang kemahasiswaan, biaya KKN, praktikum, ujian skripsi/tugas akhir, dan wisuda?

    ReplyDelete
  2. kritik yang bagus ini, saya mahasiswa udinus angkatan 2013 juga merasa demikian, keep sharing kakak, semoga saran dan kritik bisa didengar sama yang berkepentingan

    ReplyDelete

Post a Comment