Pengertian Laboratorium Kimia

Ahhh, aku selalu agak bosan apabila ngomongin soal kimia. Sebagai residivis pelajar yang pernah mengenyam mata pelajaran kimia di bangku Sekolah Menengah Atas, Saya merasa pelajaran kimia itu agak membosankan. Kita harus mengerti macam-macam reaksi, ada reaksi fusi dan reaksi fisi.

misalnya pagi-pagi belum sarapan, saya harus sudah masuk ke dalam laboratorium kimia. Laboratorium kimia dipenuhi benda-enda ajaib. Ada garam, gelas ukur, ada penimbang, dan cairan-cairan yang apabila kau pegang dengan sembarangan bisa membuat tanganmu menjadi terbakar.

Ketika mencari di google tentang pengertian laboratorium kimia. Saya tidak banyak menemukan apa yang saya cari. Definisi laboratorium kimia itu sebenarnya bisa di buat oleh siapa saja. Maka dari itu aku sering g suka sama guru yang saklek. Ketika mencari pengertian laboratorium kimia harus sesuai apa yang dia ingini. Padahal ketika saya masuk di lab, kan saya bisa mendefinisikan sendiri seperti apa itu laboratorium kimia.

Ini tulisan di bawah ini langsung saja menohok tentang pengertian laboratorium kimia.

Laboratorium atau disingkat lab, adalah tempat riset ilmiah, eksperimen, pengukuran ataupun pelatihan ilmiah yang dilakukan. Sedangkan kimia adalah ilmu yang mempelajari mengenai komposisi, struktur, sifat zat atau materi skala atom hingga molekul, serta perubahan atau transformasi serta interaksi untuk membentuk materi yang ditemukan sehari – hari. Laboratorium biasanya dibuat untuk memungkinkan dilakukannya kegiatan – kegiatan tersebut secara terkendali. Pengertian lain dari laboratorium ialah suatu tempat yang digunakan untuk melakukan percobaan maupun pelatihan yang berhubungan dengan ilmu fisika, biologi, dan kimia atau bidang ilmu lain, yang merupakan suatu ruangan tertutup, kamar atau ruangan terbuka seperti kebun dan lain – lain.


Laboratorium kimia adalah laboratorium yang digunakan untuk melaksanakan keiatan praktikum yang berhubungan dengan analisa kimia kualitatif (kimia organik, kimia anorganik, dan biokimia) dan kimia kuantitatif (Penetapan kadar unsur maupun senyawa, uji mutu maupun quality control).

Jika ada yang tidak di mengerti tentang tulisan saya di atas. Kalian bisa tanya via email atau mention di kolom komentar. Sedikit itu tentang pengertian laboratorium kimia.


Comments

  1. Jadi bang perbedaan laboratorium kimia dengan laboratorium klinik apaya?

    ReplyDelete

Post a Comment