• LATAR BELAKANG PRODUK
Produk
yang kami angkat adalah produk baru di kalangan pecinta kopi, kopi baru di kota
kudus namanya kopi rahtawu dan kopi luwak rahtawu. Kopi asli kota kudus asli
buatan dari daerah gunung rahtawu.kopi yang awalnya hanya di konsumsi warga
rahtawu sendiri sekarang sudah bisa dinikmati kebanyakan orang meskipun masih
belum terkenal seperti kebanyakan kopi yang sama jenis lainnya seperti kopi
jetak dan kopi lasem akan tetapi kopi rahtawu perlahan sudah mempunyai pasaran
sendiri di sekitar kota kudus.
Kopi
rahtawu dan kopi luwak rahtawu bahan dasarnya adalah kopi arabika , kopi ini
ditanam di sekitar lereng gunung rahtawu oleh warga sendiri termasuk bapak agus
. bapak agus adalah orang yang pertama kali di daerah gunung rahtawu yang
mempunyai ide untuk membuat dan menjual kopi rahtawu ke masyarakat luas di luar
kudus. Awalnya karena kopi ini hanya di komsumsi mayarakat rahtawu dan stok
kopi yang banyak akhirnya bapak agus mempunyai ide untuk membuat kopi rahtawu
menjadi terkenal , sudah hampir setengah tahun ini beliau memasarkan kopi
rahtawu dan kopi luwak rahtawu khususnya ke masyarakat kota kudus.beliau
mendaftarkan kopi rahtawu dan kopi luwak rahtawu ke BPOM provinsi jateng lalu
setelah beliau mendapat ijin beliau memberi kemasan yang menarik dan diberi cap
di kemasan kopi namanya “cap cakra”. Bapak agus mempunyai keinginan yang sangat
besar dengan memberikan “cap cakra” di kemasan kopi luwak rahtawu dan kopi
rahtawu alasannya agar kopi rahtawu dan kopi luwak rahtawu bisa terkenal dan
bisa diterima masyarakat luas seperti kopi-kopi yang sudah ada dan sudah
terkenal.
Kopi
rahtawu mempunyai ciri khas tersendiri mulai dari rasa yang enak sampai tidak
menyebabkan sakit lambung karena proses pembuatannya yang sederhana yang tidak
diberi campuran apapun itu yang menyebabkan kopi rahtawu dan kopi luwak rahtawu
mempunyai ciri khas tersendiri sehingga penikmat kopi rahtawu tidak akan
kecewa. Harga per bungkus kopi rahtawu hanya Rp 5000 sedangkan kopi luwak
rahtawu Rp 20.000.
• KENDALA PEMASARAN
Kopi
ini adalah kopi baru dan juga baru serius untuk di beri kemasan dan dipasarkan
di masyarakat luas hampir setengah tahun ini dengan cap “cap cakra”. Kopi ini
masih dibuat dengan cara yang masih sederhana di beri kemasan plastik kedap
udara dan kertas yang di print sendiri dan diberi cap cakra. Kemasan seperti
itu masih berbahaya karena bisa rusak dan juga bisa dirusak oleh para pesaing
kopi yang lain. Di kemasan itu juga belum ada label cap halal dari MUI.
Berbeda
dengan jenis kopi yang sama seperti kopi lasem, kopi jetak, dan kopi yang lain
yang penjualannya sangat bagus yang sudah bisa masuk cafe di kota kudus . kopi
rahtawu dan kopi luwak rahtawu belum bisa menembus cafe di seluruh kudus hanya
menembus satu cafe di cafe karimun jawa dekat gor wergu kudus.
Pembuatan
dan penjualan yang berada di daerah gunung rahtawu juga menjadi kendala promosi
kopi ini sehingga hanya para pendaki dan para wisatawan yang kebetulan pergi ke
gunung rahtawu yang bisa menikmatinya .
• LANDASAN TEORI
Berdasarkan
sensus penduduk tahun 2000 , jumlah penduduk Indonesia mencapai 203,5 juta
orang. Dengan jumlah penduduk sebesar ini , Indonesia mendududuki rangking
keempat di dunia sebagai Negara yang maju dan berpenduduk banyak. Jumlah
penduduk yang sangat banyak membawa berbagai implikasi penting bagi kehidupan
sosial masyarakat Indonesia. Salah satu implikasi penting adalah kebutuhan
pangan yang sangat banyak untuk memenuhi konsumsi penduduk.
Setiap
penduduk tidak peduli tua muda, laki – laki, perempuan ,kaya atau miskin ,kota
ataupun desa,mengkonsumsi pangan setiap harinya. Setiap penduduk juga membutuhkan dan menggunakan
berbagai jenis barang lainnya selain pangan. Dengan istilah lain penduduk
menkonsumsi berbagai aneka ragam jenis barang dan jasa. Setiap penduduk ataupun
individu adalah konsumen , karena ia melakukan kegiatan konsumsi baik pangan, non pangan ataupun
jasa.
Para
pemasar berkewajiban untuk memahami konsumen, mengetahui apa yang
dibutuhkannya, apa selerannya,dan bagaimana ia mengambil keputusan. Sehingga
pemasar dapat memproduksi barang dan jasa yang di butuhkan oleh konsumen.
Pemahaman yang mendalam tentang konsumen akan memungkinkan pemasar dapat
mempengaruhi keputusan konsumen, sehingga mau membeli apa yang ditawarkan oleh
pemasar. Persaingan yang ketat antar merek akan menjadikan konsumen memiliki
posisi yang semakin kuat dalam posisi tawar menawar.
Definisi
tentang konsumen itu sendri ada dua yaitu :
Konsumen
individu yaitu konsumen yang membeli
kebutuhannya sendri .
Konsumen
organisasi yaitu konsumen yang meliputi organisasi bisnis,yayasan, lembaga
sosial, kantor pemerintah dll.
Konsumen individu dan konsumen
organisasi adalah sama pentingnnya . mereka memberi sumbangan dan pertumbuhan
ekonomi, tanpa konsumen individu, produk dan jasa yang di hasilkan perusahaan
tidak mungkin bisa laku terjual.
Definisi
perilaku konsumen.
Schiffman
dan kanuk(1994) mendefisinikan perilaku konsumen sebagai berikut. “istilah
prilaku konsumen di artikan sebagai perilaku yang diperlihatkan konsumen dalam
mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan menghabiskan produk dan jasa
yang mereka harapkan akan memuaskan kebutuhan mereka.
Sedangkan
Engel, Biacwell dan Miniard (1993) mengartikan sebagai tidakan yang langsung
terlibat dalam mendaptakan, mengkonsumsi, dan menghabiskan produk dan jasa,
termasuk proses keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan ini.
A. Motivasi.
Dari
beberapa definisi tentang motivasi tersebut dapat disimpulkan bahwa motivasi
muncul karena adannya kebutuhan yang dirasakan konsumen. Kebutuhan sendiri muncul karena konsumen merasakan
ketidaknyamanan antara yang seharusnya di rasakan. Kebutuhan yang di rasakan
tersebut mendorong seseorang untuk melakukan tindakan memenuhi kebutuhan
tersebut. Inilah yang di sebut dengan motivasi.
Pengenalan
kebutuhan akan menyebabkan tekanan kepada konsumen sehingga adanya dorongan
pada dirinnya untuk melakukan tindakan yang bertujuan. Tindakan tersebut bisa
berbagai macam. Pertama konsumen akan mencari informasi mengenai produk, merek,
atau toko. Kedua konsumen akan berbicara kepada teman, saudara, atau mendatangi
toko. Ketiga mungkin konsumen akan membeli produk atau jasa untuk memnuhi
kebutuhan tersebut.tindakan tersebut akan menyebabakan tercapainnya tujuan
konsumen atau terpenuhinya kebutuhan konsumen atau konsumen memperoleh
insentif. Insentif bisa berbentuk
produk, jasa, informasi yang di pandang bisa memnuhi kepbutuhan konsumen.
B. Kebutuhan
Kebutuhan
yang dirasakan konsumen bisa di munculkan oleh factor diri konsumen sendri,
misalnya rasa lapar , haus. Kebutuhan juga bisa di munculkan oleh factor luar
konsumen, misalnya aroma makanan yang datang dari restoran sehingga konsumen
trangsang ingin makan. Iklan dan komunikasi pemasaran lainnya bisa
membangkitkan kebutuhan yang dirasakan oleh konsumen.
C. Tujuan (Goals)
Setelah
seperti di kemukakan sebelumnya bahwa prilaku adalah berorientasi tujuan.
Artinya untuk memnuhi kebutuhannya, seorang konsumen harus memiliki tujuan akan
tindakannya. Tujuan adalah suatu cara untuk memenuhi kebutuhan. Tujuan ada
karena adanya kebutuhan. Tujuan di bedakan kedalam tujuan generic, yaitu
kategori umum dari tujuan yang di pandang sebagai cara untuk memenuhi
kebutuhan.
Dr.
Abraham Maslow adalah seorang psikolog klinis yang memperkenalakan teori
kebutuhan berjenjang yang di kenal sebagai teori maslow atau Hirarki kebutuhan
manusia. Maslow mengemukakan lima kebutuhan manusia berdasarkan tingkat
kepentingannya mulai dari yang paling rendah, yaitu kebutuhan biologis sampai
paling tinggi yatu kebutuhan psikogenik. Menurut teori Maslow, manusia berusaha
memenuhi kebutuhan tingkat rendahnya terlebih dahulu sebelum memenuhi kebutuhan
yang lebih tinggi.
• Kebutuhan fisiologis
• Kebutuhan rasa aman
• Kebutuhan sosial
• Kebutuhan ego
• Kebutuhan aktualisasi diri
David
McClelland mengembangkan suau teori
motivasi yang di sebut sebagai McClelland’s Theory of Learned Needs . teori ini
menyatakan bahwa ada tiga kebutuhan dasar yang memotivasi seorang individu
untuk berprilaku, yaitu
1. Kebutuhan untuk sukses
2. Kebutuhan untuk afiliasi
3. Kebutuhan kekuasaan
Dua
aplikasi penting dari teori motivasi adalah :
1. Segmentasi
2. Positioning
Para
pemasar bisa menggunakan teori motivasi Maslow atau Hirarki kebutuhan sebagai
dasar untuk melakukan segmentasi pasar. Produk atau jasa yang di pasarkan bisa
di arahkan untuk target pasar berdasarkan tingkat kebutuhan konsumen. Hiraki
kebutuhan dari maslow juga bisa di manfaatkan untuk melakukan positioning
produk atau jasa. Positioning adalah citra produk atau jasa yang ingin di lihat
oleh konsumen. Kunci dari positioning adalah persepsi konsumen teradap produk
atau jasa.
Kepribadian.
Tidak
ada dua manusia yang persis sama dalam sifat atau kepribadiannya, masing –
masing memiliki karakteristik yang unik yang berbeda satu sama lain. Inilah
yang di sebut dengan kepribadian manusia. Memahami kepribadian konsumen adalah
penting bagi pemasar. Karena kepribadian bisa terkait dengan prilaku konsumen.
Perbedaan dalam prilaku konsumen akan mempengaruhi prilakunya dalam memilih
atau membeli produk, karena konsumen akan membeli barang yang sesuai dengan
kepribadiannya.
Kepribadian
menggambarkan perbedaan individu. Kepribadian menunjukan konsintensi dan
berlangsung lama kepribadian dapat berubah. Ada tiga teori kepribadian yang
utama yaitu :
• Teori kepribadian freud
• Teori kepribadian Neo-Freud
• Ciri (trait theory)
Ketiga
teori tersebut banyak di pakai sebagai landasan teori dalam studi hubungan
antar prilaku konsumen dan kpribadian.
Teori
Freud menyatakan bahwa kebutuhan yang tidak di sadari atau dorongan dalam diri
manusia , seperti dorongan seks dan kebutuhan biologis adalah inti dari
motivasi dan kepribadian manusia. Menurut Freud, kepribadian manusia terdiri
dari tiga unsur yang saling berinteraksi , yaitu id, ego dan super ego. Beberapa
akar yang uga rekan Freud tidak setuju dengan teori psikoanalitik yang
menekankan dominannya peran insting dan dan seks atau factor biologis dalam
pembntukan kpribadian manusi. Mereka mengembangkan suatu teori kpribadian yang
di sebut sebagai teori sosial psikologi atau teori Neo-Freud. Teori ini
merupakan kombinasi dari sosial dan psikologi.
Memahami
kepribadian tidak lah lengkap jika tidak memahami konsep gaya hidup. Gaya hidup
adalah konsep yang lebih baru dan lebih mudah terukur di bandingkan kpribadian.
Gaya hidup di definisikan sebagai pola dimana orang hidup dan menggunakan uang
dan waktunnya, gaya hidup lebih menggambarkan perilaku seseorang, yaitu bagai
mana ia hidup, menggunakan uang dan waktu yang di milikinya.
Psikografik
adalah suatu instrument untuk mengukur gaya hidup, yang memberi pengukuran
kuantitatif dan bisa di pakai untuk menganalisis data yang sangat besar.
Psikografik analisi biasannya di pakai untuk melihat segmen pasar.
Analisispsikografik sering juga di artikan sebagai suatu riset konsumen yang
menggambarkan segmen konsumen dalam hal kehidupan dalam hal kehidupan
mereka,pekerjaan, dan aktifitas lainya .
• SURVEY PADA MASYARAKAT
• IKLAN KOPI GOOD DAY
Kami
memilih sebuah produk kopi GOOD DAY yang mengangkat tema “ inikah rasanya cinta
? karna cinta banyak rasa , kopi good day punya banyak rasa untuk harimu .
sebuah produk yang bagus untuk minuman kopi anak muda sekarang ini dengan
banyak variasi rasa mulai dari rasa mocacino , chococino , cappucino , mocafrio
, the original , vanilla latte , coffemix , collin ‘ coffe , carrebian nut.
membuat
kopi goood day mudah di buat dan sangat disukai oleh para anak muda yang suka
minum kopi dan suka nongkrong bersama teman-temannya . dengan harga jual yang
murah juga bisa membuat kopi good day di sukai anak muda karena cocok dengan
kantong anak muda sekarang ini tidak terlalu mahal untuk kantong dompet anak
muda. Kopi good day bisa di minum dengan air panas dan juga bisa diminum dengan
air dingin , dan juga kopi ini bisa diminum kapan saja tidak menyebabkan sakit
lambung .
• SARAN STRATEGI PEMASARAN
Dengan
sering mengikuti kegiatan-kegiatan yang hubungannya dengan promosi yang
diselenggarakan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah atau
diselenggarakan oleh pihak swasta bisa membuat kopi rahtawu dan kopi luwak
rahtawu bisa dikenal oleh masyarakat luas seperti kopi sejenis itu seperti kopi
jetak dan kopi lasem yang sudah bisa diterima oleh masyakat luas.
Dengan
kerja sama dengan dinas pemerintahan seperti dinas kebudayaan juga bisa membuat
kopi rahtawu dan kopi luwak rahtawu bisa di kenal bukan hanya para pendaki dan
para wisatawan saja tetapi juga bisa dikenal oleh masyarakat kota.
Mengadakan
kerja sama dengan pemilik cafe di kota kudus untuk mempromosikan dan memasarkan
kopi rahtawu dan kopi luwak rahtawu agar masyarakat kota bisa mengenal dan bisa
menikmati kopi rahtawu dan kopi luwak rahtawu.
Comments
Post a Comment