Analisis Psikologi Industri Produk Kopi Rahtawu


           LATAR BELAKANG PRODUK
Produk yang kami angkat adalah produk baru di kalangan pecinta kopi, kopi baru di kota kudus namanya kopi rahtawu dan kopi luwak rahtawu. Kopi asli kota kudus asli buatan dari daerah gunung rahtawu.kopi yang awalnya hanya di konsumsi warga rahtawu sendiri sekarang sudah bisa dinikmati kebanyakan orang meskipun masih belum terkenal seperti kebanyakan kopi yang sama jenis lainnya seperti kopi jetak dan kopi lasem akan tetapi kopi rahtawu perlahan sudah mempunyai pasaran sendiri di sekitar kota kudus.
Kopi rahtawu dan kopi luwak rahtawu bahan dasarnya adalah kopi arabika , kopi ini ditanam di sekitar lereng gunung rahtawu oleh warga sendiri termasuk bapak agus . bapak agus adalah orang yang pertama kali di daerah gunung rahtawu yang mempunyai ide untuk membuat dan menjual kopi rahtawu ke masyarakat luas di luar kudus. Awalnya karena kopi ini hanya di komsumsi mayarakat rahtawu dan stok kopi yang banyak akhirnya bapak agus mempunyai ide untuk membuat kopi rahtawu menjadi terkenal , sudah hampir setengah tahun ini beliau memasarkan kopi rahtawu dan kopi luwak rahtawu khususnya ke masyarakat kota kudus.beliau mendaftarkan kopi rahtawu dan kopi luwak rahtawu ke BPOM provinsi jateng lalu setelah beliau mendapat ijin beliau memberi kemasan yang menarik dan diberi cap di kemasan kopi namanya “cap cakra”. Bapak agus mempunyai keinginan yang sangat besar dengan memberikan “cap cakra” di kemasan kopi luwak rahtawu dan kopi rahtawu alasannya agar kopi rahtawu dan kopi luwak rahtawu bisa terkenal dan bisa diterima masyarakat luas seperti kopi-kopi yang sudah ada dan sudah terkenal.
Kopi rahtawu mempunyai ciri khas tersendiri mulai dari rasa yang enak sampai tidak menyebabkan sakit lambung karena proses pembuatannya yang sederhana yang tidak diberi campuran apapun itu yang menyebabkan kopi rahtawu dan kopi luwak rahtawu mempunyai ciri khas tersendiri sehingga penikmat kopi rahtawu tidak akan kecewa. Harga per bungkus kopi rahtawu hanya Rp 5000 sedangkan kopi luwak rahtawu Rp 20.000.
           KENDALA PEMASARAN
Kopi ini adalah kopi baru dan juga baru serius untuk di beri kemasan dan dipasarkan di masyarakat luas hampir setengah tahun ini dengan cap “cap cakra”. Kopi ini masih dibuat dengan cara yang masih sederhana di beri kemasan plastik kedap udara dan kertas yang di print sendiri dan diberi cap cakra. Kemasan seperti itu masih berbahaya karena bisa rusak dan juga bisa dirusak oleh para pesaing kopi yang lain. Di kemasan itu juga belum ada label cap halal dari MUI.
Berbeda dengan jenis kopi yang sama seperti kopi lasem, kopi jetak, dan kopi yang lain yang penjualannya sangat bagus yang sudah bisa masuk cafe di kota kudus . kopi rahtawu dan kopi luwak rahtawu belum bisa menembus cafe di seluruh kudus hanya menembus satu cafe di cafe karimun jawa dekat gor wergu kudus.
Pembuatan dan penjualan yang berada di daerah gunung rahtawu juga menjadi kendala promosi kopi ini sehingga hanya para pendaki dan para wisatawan yang kebetulan pergi ke gunung rahtawu yang bisa menikmatinya .
           LANDASAN TEORI
Berdasarkan sensus penduduk tahun 2000 , jumlah penduduk Indonesia mencapai 203,5 juta orang. Dengan jumlah penduduk sebesar ini , Indonesia mendududuki rangking keempat di dunia sebagai Negara yang maju dan berpenduduk banyak. Jumlah penduduk yang sangat banyak membawa berbagai implikasi penting bagi kehidupan sosial masyarakat Indonesia. Salah satu implikasi penting adalah kebutuhan pangan yang sangat banyak untuk memenuhi konsumsi penduduk.
Setiap penduduk tidak peduli tua muda, laki – laki, perempuan ,kaya atau miskin ,kota ataupun desa,mengkonsumsi pangan setiap harinya. Setiap  penduduk juga membutuhkan dan menggunakan berbagai jenis barang lainnya selain pangan. Dengan istilah lain penduduk menkonsumsi berbagai aneka ragam jenis barang dan jasa. Setiap penduduk ataupun individu adalah konsumen , karena ia melakukan kegiatan  konsumsi baik pangan, non pangan ataupun jasa.
Para pemasar berkewajiban untuk memahami konsumen, mengetahui apa yang dibutuhkannya, apa selerannya,dan bagaimana ia mengambil keputusan. Sehingga pemasar dapat memproduksi barang dan jasa yang di butuhkan oleh konsumen. Pemahaman yang mendalam tentang konsumen akan memungkinkan pemasar dapat mempengaruhi keputusan konsumen, sehingga mau membeli apa yang ditawarkan oleh pemasar. Persaingan yang ketat antar merek akan menjadikan konsumen memiliki posisi yang semakin kuat dalam posisi tawar menawar.
Definisi tentang konsumen itu sendri ada dua yaitu :
Konsumen individu  yaitu konsumen yang membeli kebutuhannya sendri .
Konsumen organisasi yaitu konsumen yang meliputi organisasi bisnis,yayasan, lembaga sosial, kantor pemerintah dll.
            Konsumen individu dan konsumen organisasi adalah sama pentingnnya . mereka memberi sumbangan dan pertumbuhan ekonomi, tanpa konsumen individu, produk dan jasa yang di hasilkan perusahaan tidak mungkin bisa laku terjual.
Definisi perilaku konsumen.
Schiffman dan kanuk(1994) mendefisinikan perilaku konsumen sebagai berikut. “istilah prilaku konsumen di artikan sebagai perilaku yang diperlihatkan konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan menghabiskan produk dan jasa yang mereka harapkan akan memuaskan kebutuhan mereka.
Sedangkan Engel, Biacwell dan Miniard (1993) mengartikan sebagai tidakan yang langsung terlibat dalam mendaptakan, mengkonsumsi, dan menghabiskan produk dan jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan ini.
A.        Motivasi.
Dari beberapa definisi tentang motivasi tersebut dapat disimpulkan bahwa motivasi muncul karena adannya kebutuhan yang dirasakan konsumen. Kebutuhan  sendiri muncul karena konsumen merasakan ketidaknyamanan antara yang seharusnya di rasakan. Kebutuhan yang di rasakan tersebut mendorong seseorang untuk melakukan tindakan memenuhi kebutuhan tersebut. Inilah yang di sebut dengan motivasi.
Pengenalan kebutuhan akan menyebabkan tekanan kepada konsumen sehingga adanya dorongan pada dirinnya untuk melakukan tindakan yang bertujuan. Tindakan tersebut bisa berbagai macam. Pertama konsumen akan mencari informasi mengenai produk, merek, atau toko. Kedua konsumen akan berbicara kepada teman, saudara, atau mendatangi toko. Ketiga mungkin konsumen akan membeli produk atau jasa untuk memnuhi kebutuhan tersebut.tindakan tersebut akan menyebabakan tercapainnya tujuan konsumen atau terpenuhinya kebutuhan konsumen atau konsumen memperoleh insentif. Insentif  bisa berbentuk produk, jasa, informasi yang di pandang bisa memnuhi kepbutuhan konsumen.
B.        Kebutuhan
Kebutuhan yang dirasakan konsumen bisa di munculkan oleh factor diri konsumen sendri, misalnya rasa lapar , haus. Kebutuhan juga bisa di munculkan oleh factor luar konsumen, misalnya aroma makanan yang datang dari restoran sehingga konsumen trangsang ingin makan. Iklan dan komunikasi pemasaran lainnya bisa membangkitkan kebutuhan yang dirasakan oleh konsumen.
C.        Tujuan (Goals)
Setelah seperti di kemukakan sebelumnya bahwa prilaku adalah berorientasi tujuan. Artinya untuk memnuhi kebutuhannya, seorang konsumen harus memiliki tujuan akan tindakannya. Tujuan adalah suatu cara untuk memenuhi kebutuhan. Tujuan ada karena adanya kebutuhan. Tujuan di bedakan kedalam tujuan generic, yaitu kategori umum dari tujuan yang di pandang sebagai cara untuk memenuhi kebutuhan.
Dr. Abraham Maslow adalah seorang psikolog klinis yang memperkenalakan teori kebutuhan berjenjang yang di kenal sebagai teori maslow atau Hirarki kebutuhan manusia. Maslow mengemukakan lima kebutuhan manusia berdasarkan tingkat kepentingannya mulai dari yang paling rendah, yaitu kebutuhan biologis sampai paling tinggi yatu kebutuhan psikogenik. Menurut teori Maslow, manusia berusaha memenuhi kebutuhan tingkat rendahnya terlebih dahulu sebelum memenuhi kebutuhan yang lebih tinggi.
           Kebutuhan fisiologis
           Kebutuhan rasa aman
           Kebutuhan sosial
           Kebutuhan ego
           Kebutuhan aktualisasi diri
David McClelland  mengembangkan suau teori motivasi yang di sebut sebagai McClelland’s Theory of Learned Needs . teori ini menyatakan bahwa ada tiga kebutuhan dasar yang memotivasi seorang individu untuk berprilaku, yaitu
1.         Kebutuhan untuk sukses
2.         Kebutuhan untuk afiliasi
3.         Kebutuhan kekuasaan
Dua aplikasi penting dari teori motivasi adalah :
1.         Segmentasi
2.         Positioning
Para pemasar bisa menggunakan teori motivasi Maslow atau Hirarki kebutuhan sebagai dasar untuk melakukan segmentasi pasar. Produk atau jasa yang di pasarkan bisa di arahkan untuk target pasar berdasarkan tingkat kebutuhan konsumen. Hiraki kebutuhan dari maslow juga bisa di manfaatkan untuk melakukan positioning produk atau jasa. Positioning adalah citra produk atau jasa yang ingin di lihat oleh konsumen. Kunci dari positioning adalah persepsi konsumen teradap produk atau jasa.

Kepribadian.
Tidak ada dua manusia yang persis sama dalam sifat atau kepribadiannya, masing – masing memiliki karakteristik yang unik yang berbeda satu sama lain. Inilah yang di sebut dengan kepribadian manusia. Memahami kepribadian konsumen adalah penting bagi pemasar. Karena kepribadian bisa terkait dengan prilaku konsumen. Perbedaan dalam prilaku konsumen akan mempengaruhi prilakunya dalam memilih atau membeli produk, karena konsumen akan membeli barang yang sesuai dengan kepribadiannya.
Kepribadian menggambarkan perbedaan individu. Kepribadian menunjukan konsintensi dan berlangsung lama kepribadian dapat berubah. Ada tiga teori kepribadian yang utama yaitu :
           Teori kepribadian freud
           Teori kepribadian Neo-Freud
           Ciri (trait theory)
Ketiga teori tersebut banyak di pakai sebagai landasan teori dalam studi hubungan antar prilaku konsumen dan kpribadian.
Teori Freud menyatakan bahwa kebutuhan yang tidak di sadari atau dorongan dalam diri manusia , seperti dorongan seks dan kebutuhan biologis adalah inti dari motivasi dan kepribadian manusia. Menurut Freud, kepribadian manusia terdiri dari tiga unsur yang saling berinteraksi , yaitu id, ego dan super ego. Beberapa akar yang uga rekan Freud tidak setuju dengan teori psikoanalitik yang menekankan dominannya peran insting dan dan seks atau factor biologis dalam pembntukan kpribadian manusi. Mereka mengembangkan suatu teori kpribadian yang di sebut sebagai teori sosial psikologi atau teori Neo-Freud. Teori ini merupakan kombinasi dari sosial dan psikologi.
Memahami kepribadian tidak lah lengkap jika tidak memahami konsep gaya hidup. Gaya hidup adalah konsep yang lebih baru dan lebih mudah terukur di bandingkan kpribadian. Gaya hidup di definisikan sebagai pola dimana orang hidup dan menggunakan uang dan waktunnya, gaya hidup lebih menggambarkan perilaku seseorang, yaitu bagai mana ia hidup, menggunakan uang dan waktu yang di milikinya.
Psikografik adalah suatu instrument untuk mengukur gaya hidup, yang memberi pengukuran kuantitatif dan bisa di pakai untuk menganalisis data yang sangat besar. Psikografik analisi biasannya di pakai untuk melihat segmen pasar. Analisispsikografik sering juga di artikan sebagai suatu riset konsumen yang menggambarkan segmen konsumen dalam hal kehidupan dalam hal kehidupan mereka,pekerjaan, dan aktifitas lainya .
           SURVEY PADA MASYARAKAT



           IKLAN KOPI GOOD DAY
Kami memilih sebuah produk kopi GOOD DAY yang mengangkat tema “ inikah rasanya cinta ? karna cinta banyak rasa , kopi good day punya banyak rasa untuk harimu . sebuah produk yang bagus untuk minuman kopi anak muda sekarang ini dengan banyak variasi rasa mulai dari rasa mocacino , chococino , cappucino , mocafrio , the original , vanilla latte , coffemix , collin ‘ coffe  , carrebian nut.
membuat kopi goood day mudah di buat dan sangat disukai oleh para anak muda yang suka minum kopi dan suka nongkrong bersama teman-temannya . dengan harga jual yang murah juga bisa membuat kopi good day di sukai anak muda karena cocok dengan kantong anak muda sekarang ini tidak terlalu mahal untuk kantong dompet anak muda. Kopi good day bisa di minum dengan air panas dan juga bisa diminum dengan air dingin , dan juga kopi ini bisa diminum kapan saja tidak menyebabkan sakit lambung .
           SARAN STRATEGI PEMASARAN
Dengan sering mengikuti kegiatan-kegiatan yang hubungannya dengan promosi yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah atau diselenggarakan oleh pihak swasta bisa membuat kopi rahtawu dan kopi luwak rahtawu bisa dikenal oleh masyarakat luas seperti kopi sejenis itu seperti kopi jetak dan kopi lasem yang sudah bisa diterima oleh masyakat luas.
Dengan kerja sama dengan dinas pemerintahan seperti dinas kebudayaan juga bisa membuat kopi rahtawu dan kopi luwak rahtawu bisa di kenal bukan hanya para pendaki dan para wisatawan saja tetapi juga bisa dikenal oleh masyarakat kota.
Mengadakan kerja sama dengan pemilik cafe di kota kudus untuk mempromosikan dan memasarkan kopi rahtawu dan kopi luwak rahtawu agar masyarakat kota bisa mengenal dan bisa menikmati kopi rahtawu dan kopi luwak rahtawu.

Comments