Pengertian Quality Control dalam Management

Kenapa yaa aku akhir-akhir ini posting beberapa tulisan soal ekonomi ? kan saya bukan mahasiswa jurusan akuntansi atau management. Tapi okelah, dikampusku mahasiswa yang masuk di fakultas ekonomi itu selalu bejibun. Banyak sekali. Kali ini admin mau posting soal Quality Control di sebuah perusahaan. Mulai dari pengertian Quality Control hingga nyerempet-nyerempet dikit tentang hal lain.

Pengendalian kualitas adalah aktivitas pengendalian proses untuk mengukur ciri-ciri kualitas produk, membandingkannya dengan spesifikasi atau persyaratan, dan mengambil tindakan penyehatan yang sesuai apabila ada perbedaan antara penampilan yang sebenarnya dan yang standar (Purnomo, 2004). Tujuan dari pengendalian kualitas adalah mengendalikan kualitas produk atau jasa yang dapat memuaskan konsumen. Pengendalian kualitas statistik merupakan suatu alat tangguh yang dapat digunakan mengurangi biaya, menurunkan cacat dan meningkatkan kualitas pada proses manufakturing. Pengendalian kualitas memerlukan pengertian dan perlu dilaksanakan oleh perancang, bagian inspeksi, bagian produksi sampai pendistribusian produk ke konsumen. Pengertian kualitas itu sendiri, yaitu dapat diartikan sebagai derajat atau tingkatan di mana produk atau jasa tersebut mampu memuaskan keinginan dari konsumen (Purnomo, 2004).

Menurut Reza Nasrullah (1996), pengendalian kualitas merupakan suatu kegiatan untuk memastikan apakah kebijakan dalam hal mutu atau ukuran seberapa dekat sebuah barang atau jasa memiliki kesesuaian dengan standar-standar yang dicantumkan yang dapat tercermin dalam hasil akhir atau pengendalian kualitas dapat dikatakan juga sebagai usaha untuk mempertahankan mutu dan kualitas dari barang yang dihasilkan agar sesuai dengan spesifikasi produk yang telah ditetapkan berdasarkan kebijakan-kebijakan perusahaan. Aktivitas pengendalian kualitas pada umumnya meliputi kegiatan-kegiatan seperti berikut ini (Purnomo, 2004):

§   Pengamatan terhadap performansi produk atau proses.
§  Membandingkan performansi yang ditampilkan dengan standar yang berlaku.
§  Mengambil tindakan – tindakan bila terdapat penyimpangan-penyimpangan yang cukup signifikan, dan jika perlu dibuat tindakan-tindakan untuk mengoreksinya.


Suatu perusahaan bila dengan efektif menggunakan kualitas sebagai strategi bisnisnya akan mendapatkan kenaikan keuntungan dari strategi tersebut. Konsumen akan memutuskan untuk membeli suatu produk dari perusahaan tertentu yang lebih berkualitas dari pada saingan-saingannya sehingga kualitas menjadi faktor dasar keputusan konsumen untuk mendapatkan suatu produk. Suatu produk biasanya tidak unggul dalam semua dimensi, sebaliknya produsen memilih kombinasi yang membuat produk memiliki suatu keunggulan kompetitif. Tapi jika kedelapan dimensi itu ada dalam pikiran seluruh jajaran organisasi perusahaan, maka manajemen kualitas akan lebih mudah dilaksanakan.

demikian tulisan kami tentang Pengertian Quality Control dalam Managemen. Tulisan tentang Quality Control ini adalah bagian atau potongan dari makalah lengkap
"sistem kerja team quality control pada laboratorium di pt. sido muncul"


Begitulah tulisan singkat admin tentang sistem kerja quality control dari sebuah laboratorium. Tapi gak dalem ya pembahasannya ? apabila admin ada salah tentang tulisan bertema ekonomi ini admin minta maaf dah, karena memang mimin tidak kuliah di sini. Ini hanya penggalan singkat dari makalah manajemen Quality control dari sebuah laboratorium perusahaan jamu sido muncul.

Comments