Bab 1 dan 2 Laporan PKL Sistem Informasi Maintanance Potensi Tanaman Di Kabupaten Pati-analisa dan perancangannya

BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Di era yang semakin maju dan berkembang ini terutama di bidang teknologi informasi semua orang dapat mencari dan memberikan informasi kepada semua orang dengan mudah, salah satunya adalah dengan adanya website. Dengan website semua orang dapat mencari dan memberikan informasi baik berupa informasi pendidikan, perdagangan, persewaan, pertanian dan lain sebagainya. Selain sebagai system informasi website juga bias membantu permasalahan dalam proses suatu kegiatan. Kegiatan yang umumnya menggunakan peranan teknologi informasi yaitu pengolahan data potens tanaman, pengolahan data keuangan, pengolahan data jual beli, pengolahan data persewaan, pengolahan data kepegawaian, pengolahan data inventarisasi barang, pengolahan data arsip kantor dan lain-lain         
Pertanian merupakan salah satu suber ekonomi suatu daerah ataupun bangsa yang sangat penting, karena sektor pertanian adalah sebagain besar sumber mata pencaharian di Negara Indonesia ini.
     Dikabupaten Pati hampir sebagian wilayahnya adalah sektor pertanian yang sangat menjanjikan hasilnya, tetapi disini petani kadang merasa bingung ketika dia harus mencari bibit yang bagus di daerah mana, lokasi yang cocok untuk tanaman pada daerah tersebut apa, bagaimana cara memperbaiki alat pertanian yang rusak, kebbutuhan tenaga ahli dan pekerja untuk tanamannya, sampai bagaimana cara mereka mendistribusikan hasil panen dan olahan dari panen tersebut.
Berdasarkan permasalahan yang terjadi diatas saya sebagai penulis berusaha melakukan Analisa permasalahan serta melakukan perancangan sistem informasi maintanance untuk potensi tanaman di Kabupaten Pati, karena maintanance merupakan salah satu asalah penting petani dalam merawat peralatan yang digunakan selama proses sebelum tanam, panen sampai pendistribusian.

1.2  Rumusan Masalah
Bedasarkan uraian latar belakang diatas maka dapat diambil suatu perumusan :
·      Terbatasnya informasi alat yang digunakan selama proses apa saja ?
·      Terbatasnya informasi akan mesin yang digunakan apa saja ?
·      Sarana managemen maintenance / perawatan yang masih manual ?
·      Kurangnya efisiensi waktu dan pekerja yang baik.
1.3  Batasan Masalah
·      Aplikasi yang dibangun memuat data yang diperlukan pada meintanance atau perawatan suatu alat atau mesin.
·      Aplikasi yang dibangun untuk dapat mengetahui apa saja yang di butuhkan selama proses maintanance.
·      Aplikasi yang dibangun menampilkan data teknisi, data alat, data proses, data indikator kontrol, dan data mesin
·      Aplikasi yang dibangun hanya untuk mengetahui bagaimna proses untuk sebuah maintanance suatu alat atau mesin. 
1.4  Tujuan Praktek Kerja Lapangan
Praktek Kerja Lapangan bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk:
a)         Meningkatkan memperluas serta memantapkan keterampilan yang membentuk kemampuan mahasiswa sebagai bekal untuk memasuki lapangan kerja yang  sesuai dengan program studi yang dipilih.
b)        Menumbuh kembangkan dan  memantapkan sikap profesional yang diperlukan mahasiswa untuk memasuki lapangan kerja yang sesuai dengan bidangnya.
c)         Meningkatkan pengenalan  mahasiswa pada aspek-aspek usaha profesional dalam lapangan kerja antara lain:
a.    Struktur organisasi.
b.    Jenjang karir.
c.    Manajemen proyek.
d)   Memberikan  kesempatan  kepada  mahasiswa-mahasiswi untuk  memasyarakatkan diri pada suasana lingkungan kerja nyata.
e)         Meningkatkan atau memperluas dan memantapkan proses penyerapan baru dari lapangan kerja.
1.5  Manfaat Praktek Kerja Lapangan
Dengan tujuan yang dijabarkan di atas, Praktek Kerja Lapangan memiliki manfaat bagi masing-masing pihak.
a)             Manfaat untuk Mahasiswa
1.    Mengenal bagaimana dunia kerja.
2.    Mengasah dan meningkatkan kemampuan.
3.    Dapat bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.
4.    Menambah wawasan, pengetahuan, dan pengalaman.
b)             Manfaat untuk Instansi
1.    Program yang dikerjakan dapat diaplikasikan dan berguna diinstansi.
2.    Meningkatkan Efisiensi dan proses pekerjaan pada instansi
3.    Terbantu dengan adanya mahasiswa PKL
c)             Manfaat untuk PerguruanTinggi
1.    Menjalin kerjasama antara Perguruan Tinggi dan instansi.
2.    Memberikan kontribusi untuk kedua belah pihak yang saling menguntungkan.



BAB II
GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
2.1  Sejarah Atau Kilas Perusahaan CV ARIA
ARIA berdiri dengan pertimbangan bahwa Information Technology sudah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari setiap perusahaan. Pemikiran ini berdasarkan kenyataan yang terjadi saat ini, dimana trend untuk setiap perusahaan menjadikan Information Technology sebagai bagian dari setiap elemen perusahaan demi mewujudkan efisiensi yang tinggi sehingga kerugian operasional perusahaan yang tidak perlu dapat diminimalisasi.
Selain didukung oleh tenaga tenaga professional, rekanan yang handal, juga didukung oleh peralatan yang canggih dan kompleks. Hal ini demi mewujudkan kepuasan pelanggan sekaligus memberikan solusi penyelesaian atas setiap permasalahan IT pelanggan. Berkembang mengikuti kemajuan Teknologi dengan ilmu yang dapat memberikan warna seni pada hasil yang diberikan kepada pelanggan. Secara terus menerus dan berkelanjutan Mega Development akan terus mengambil langkah-langkah penyempurnaan dalam bidang : manajemen, Struktur Organisasi, Mekanisme Kerja, dan juga kelengkapan Sarana/prasarana, sebagai upaya dalam peningkatan kualitas pelayanan jasa bagi para pelanggan.
Direksi dan seluruh staff ARIA dengan penuh minat, semangat dan rasa tanggung jawab yang tinggi akan melaksanakan segala tugas dan kepercayaan yang diberikan para pelanggan dengan sebaik-baiknya.



2.2  Struktur Organisasi
Description: C:\Users\User\Pictures\ja.png



2.3  Diskripsi Pekerjaan
·      Pengadaan komputer di PT. PLN (Persero) Area Tegal.
·      Pembuatan aplikasi s’madu( sms gateway pelayanan terpadu) pelanggan di PT. PLN (Persero) Area Jogjakarta.
·      Pengadaan bimbingan belajar terhadap Mahasiswa khususnya jurusan IT dalam pengembangan potensi secara Cuma Cuma
·      Pembuatan Aplikasi SIMADES untuk seluruh kelurahan di salah satu kecamatan diwilayah Purwodadi
2.4  Client Perusahaan
Our client
Ø PT. PLN (Persero) Area Tegal
Ø PT. PLN (Persero) Area Jogjakarta
2.5  Visi dan Misi CV ARIA
2.5.1                    Visi
A R I A mempunyai visi yaitu menjadi perusahaan terbaik dibidangnya dengan kualitasdan harga yang terjangkau serta siap bersaing dengan perusahaan lainnya. Sehingga perusahaan pada khususnya dan masyarakat indonesia pada umumnya dapat menikmati dan memperoleh manfaat sebesar – besarnya dalam implementasi technology dan menggunakan barang/jasa yang dirancang dan dikelolanya guna menghadapi persaingan pasar bebas dunia.
2.5.2                    Misi
·           Menciptakan kreasi barang/ jasa guna membuka lapangan kerja baru dengan mengikut sertakan tenaga – tenaga profesional dibidangnya.
·           Menciptakan nilai tambah atas barang/jasa yang dirancang dan dikelolanya.
·           Meningkatkan bisnis dan pendapatan didaerah sejalan dengan pemerintah dalam melaksanakan system otonomi daerah.
2.6  Contact US
Jl. Pattimura, Mlati kidul RT. 01/02 Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus
Phone: 0291 3425186,
email : cvariakudus@gmail.com
2.7  Izin Usaha
No. TDP                                       : 11.23.3.46.01498
Tanggal Terbit                              : 28 Februari 2012
Masa Berlaku s/d Tanggal            : 28 Februari 2017
Instansi Pemberi Izin                   : Kantor Pelayanan Izin Terpadu
2.8  Landasan Hukum
Akta Pendirian Perusahaan
No.                       : 2
Tanggal                : 23 Februari 2012
Notaris                 : Ariska Dewi, S.H, M.Kn
2.9  Pengurus
Nama                                           KTP No.                                 Jabatan
Noor Yanto                                  33.2109.290189.0001             Komisaris

Agus Budi Utomo                       33.1905.141081.0002             Direktur 


Ahmad Kharis / NIM : 201251008


PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS MURIA KUDUS

2015

bab 2 bisa di akses klik di sini

Comments