Bab 1 dan 2 Laporan PKL Sistem Informasi Maintanance Potensi Tanaman Di Kabupaten Pati-analisa dan perancangannya
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Di era yang semakin maju dan berkembang ini terutama
di bidang teknologi informasi semua orang dapat mencari dan memberikan
informasi kepada semua orang dengan mudah, salah satunya adalah dengan adanya website. Dengan website semua orang dapat mencari dan
memberikan informasi baik berupa informasi pendidikan,
perdagangan, persewaan, pertanian dan lain sebagainya. Selain sebagai
system informasi website juga bias
membantu permasalahan dalam proses suatu kegiatan.
Kegiatan yang umumnya menggunakan peranan teknologi informasi yaitu pengolahan data potens tanaman, pengolahan
data keuangan, pengolahan data jual beli,
pengolahan data persewaan, pengolahan data kepegawaian, pengolahan data
inventarisasi barang,
pengolahan data arsip kantor dan lain-lain
Pertanian merupakan
salah satu suber ekonomi suatu daerah ataupun bangsa yang sangat penting,
karena sektor pertanian adalah sebagain besar sumber mata pencaharian di Negara
Indonesia ini.
Dikabupaten Pati hampir sebagian wilayahnya adalah sektor
pertanian yang sangat menjanjikan hasilnya, tetapi disini petani kadang merasa
bingung ketika dia harus mencari bibit yang bagus di daerah mana, lokasi yang
cocok untuk tanaman pada daerah tersebut apa, bagaimana cara memperbaiki alat pertanian
yang rusak, kebbutuhan tenaga ahli dan pekerja untuk tanamannya, sampai
bagaimana cara mereka mendistribusikan hasil panen dan olahan dari panen
tersebut.
Berdasarkan permasalahan yang terjadi diatas saya
sebagai penulis berusaha melakukan Analisa permasalahan serta melakukan
perancangan sistem informasi
maintanance untuk potensi tanaman di Kabupaten Pati, karena maintanance
merupakan salah satu asalah penting petani dalam merawat peralatan yang
digunakan selama proses sebelum tanam, panen sampai pendistribusian.
1.2 Rumusan Masalah
Bedasarkan
uraian latar belakang diatas maka dapat diambil suatu perumusan :
· Terbatasnya
informasi alat yang digunakan selama proses apa saja ?
· Terbatasnya
informasi akan mesin yang
digunakan apa saja ?
· Sarana
managemen maintenance / perawatan
yang masih manual ?
· Kurangnya
efisiensi waktu dan pekerja
yang baik.
1.3 Batasan Masalah
· Aplikasi yang dibangun memuat data yang diperlukan pada meintanance
atau perawatan suatu alat atau mesin.
· Aplikasi yang dibangun untuk dapat mengetahui apa saja
yang di butuhkan selama proses maintanance.
· Aplikasi yang dibangun menampilkan data teknisi, data
alat, data proses, data indikator kontrol, dan data mesin
· Aplikasi yang dibangun hanya untuk mengetahui bagaimna
proses untuk sebuah maintanance suatu alat atau mesin.
1.4 Tujuan
Praktek Kerja Lapangan
Praktek
Kerja Lapangan bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk:
a)
Meningkatkan memperluas
serta memantapkan keterampilan yang membentuk kemampuan mahasiswa sebagai bekal untuk memasuki lapangan kerja yang
sesuai dengan program studi yang dipilih.
b)
Menumbuh kembangkan dan
memantapkan sikap profesional yang diperlukan mahasiswa untuk memasuki
lapangan kerja yang
sesuai dengan
bidangnya.
c)
Meningkatkan
pengenalan mahasiswa pada aspek-aspek
usaha profesional dalam lapangan kerja antara lain:
a. Struktur organisasi.
b. Jenjang karir.
c. Manajemen proyek.
d) Memberikan
kesempatan kepada mahasiswa-mahasiswi untuk memasyarakatkan diri pada suasana lingkungan
kerja nyata.
e)
Meningkatkan atau memperluas dan memantapkan proses penyerapan baru
dari lapangan kerja.
1.5 Manfaat Praktek Kerja Lapangan
Dengan tujuan yang dijabarkan di atas, Praktek
Kerja Lapangan memiliki manfaat bagi masing-masing pihak.
a)
Manfaat untuk Mahasiswa
1.
Mengenal
bagaimana dunia kerja.
2.
Mengasah
dan meningkatkan kemampuan.
3.
Dapat
bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.
4.
Menambah
wawasan, pengetahuan, dan pengalaman.
b)
Manfaat untuk Instansi
1.
Program
yang dikerjakan dapat diaplikasikan dan berguna diinstansi.
2.
Meningkatkan
Efisiensi dan proses pekerjaan pada instansi
3.
Terbantu
dengan adanya mahasiswa PKL
c)
Manfaat untuk PerguruanTinggi
1.
Menjalin
kerjasama antara Perguruan Tinggi dan instansi.
2.
Memberikan
kontribusi untuk kedua belah pihak yang saling menguntungkan.
BAB
II
GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
2.1 Sejarah Atau Kilas Perusahaan CV
ARIA
ARIA
berdiri dengan pertimbangan bahwa Information Technology sudah menjadi bagian
yang tidak dapat dipisahkan dari setiap perusahaan. Pemikiran ini berdasarkan
kenyataan yang terjadi saat ini, dimana trend untuk setiap perusahaan
menjadikan Information Technology sebagai bagian dari setiap elemen perusahaan
demi mewujudkan efisiensi yang tinggi sehingga kerugian operasional perusahaan
yang tidak perlu dapat diminimalisasi.
Selain didukung oleh tenaga tenaga
professional, rekanan yang handal, juga didukung oleh peralatan yang canggih
dan kompleks. Hal ini demi mewujudkan kepuasan pelanggan sekaligus memberikan
solusi penyelesaian atas setiap permasalahan IT pelanggan. Berkembang mengikuti
kemajuan Teknologi dengan ilmu yang dapat memberikan warna seni pada hasil yang
diberikan kepada pelanggan. Secara terus menerus dan berkelanjutan Mega
Development akan terus mengambil langkah-langkah penyempurnaan dalam bidang :
manajemen, Struktur Organisasi, Mekanisme Kerja, dan juga kelengkapan Sarana/prasarana,
sebagai upaya dalam peningkatan kualitas pelayanan jasa bagi para pelanggan.
Direksi dan seluruh staff ARIA dengan penuh minat, semangat dan
rasa tanggung jawab yang tinggi akan melaksanakan segala tugas dan kepercayaan
yang diberikan para pelanggan dengan sebaik-baiknya.
2.2 Struktur Organisasi

2.3 Diskripsi Pekerjaan
· Pengadaan
komputer di PT. PLN (Persero) Area Tegal.
· Pembuatan
aplikasi s’madu( sms gateway pelayanan terpadu) pelanggan di PT. PLN (Persero)
Area Jogjakarta.
· Pengadaan
bimbingan belajar terhadap Mahasiswa khususnya jurusan IT dalam pengembangan
potensi secara Cuma Cuma
· Pembuatan
Aplikasi SIMADES untuk seluruh kelurahan di salah satu kecamatan diwilayah
Purwodadi
2.4 Client Perusahaan
Our client
Ø PT.
PLN (Persero) Area Tegal
Ø PT.
PLN (Persero) Area Jogjakarta
2.5 Visi dan Misi CV ARIA
2.5.1
Visi
A
R I A mempunyai visi yaitu menjadi perusahaan terbaik dibidangnya dengan
kualitasdan harga yang terjangkau serta siap bersaing dengan perusahaan
lainnya. Sehingga perusahaan pada khususnya dan masyarakat indonesia pada
umumnya dapat menikmati dan memperoleh manfaat sebesar – besarnya dalam
implementasi technology dan menggunakan barang/jasa yang dirancang dan
dikelolanya guna menghadapi persaingan pasar bebas dunia.
2.5.2
Misi
·
Menciptakan kreasi barang/ jasa guna
membuka lapangan kerja baru dengan mengikut sertakan tenaga – tenaga
profesional dibidangnya.
·
Menciptakan nilai tambah atas
barang/jasa yang dirancang dan dikelolanya.
·
Meningkatkan bisnis dan pendapatan
didaerah sejalan dengan pemerintah dalam melaksanakan system otonomi daerah.
2.6 Contact US
Jl. Pattimura, Mlati kidul RT. 01/02
Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus
Phone:
0291 3425186,
email
: cvariakudus@gmail.com
2.7 Izin
Usaha
No.
TDP :
11.23.3.46.01498
Tanggal
Terbit :
28 Februari 2012
Masa
Berlaku s/d Tanggal : 28
Februari 2017
Instansi
Pemberi Izin :
Kantor Pelayanan Izin Terpadu
2.8 Landasan
Hukum
Akta
Pendirian Perusahaan
No. : 2
Tanggal : 23 Februari 2012
Notaris : Ariska Dewi, S.H, M.Kn
2.9 Pengurus
Nama KTP
No. Jabatan
Noor
Yanto 33.2109.290189.0001 Komisaris
Agus
Budi Utomo 33.1905.141081.0002 Direktur
Ahmad Kharis / NIM : 201251008
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS MURIA KUDUS
2015
bab 2 bisa di akses klik di sini
Comments
Post a Comment