Contoh PKM K Makanan Tradisional G30s (Gorok-Gorok 30 Spiecy)



Diusulkan oleh:

Alvin Nor Maulida                   ( 201433320 )Ketua
Firda Rizki Fajriatun                ( 201433329 )Anggota I
Shofi’a Ranti                           (2015531053) Anggota II
Dian Dwi Novitasari                (201432110 )Anggota III

RINGKASAN.
Jepara sebagai salah satu Kabupaten yang ada di Jawa Tengah tidak kalah saing dengan daerah-daerah diperkotaan, walaupun berada di desa tetapi memiliki beberapa keunggulan seperti ukiran, makanan, dan pantai serta pegunungan. Masyarakat berbondong-bondong berupaya melestarikan kelebihan itu walaupun harus berusaha bersaing dengan daerah-daerah lain. Keunggulan makanan tradisional Jepara seperti gorok-gorok perlu untuk diberi perhatian khusus, masyarakat Jepara utamanya semua kalangan dirasa kurang meminati makanan yang dikenal kenyal dan hambar itu/ berdasarkan hal tersebut sudah saatnya mengubah pandangan masyarakat yang memandang gorok-gorok hanya sebagai makanan yang tidak bermanfaat menjadi makanan yang dibutuhkan dan diminati. Padahal kalau kita pahami secara mendalam gorok-gorok bisa sebagai pengganti nasi.
Horok-horok dapat dikreasikan menjadi makanan yang bernilai ekonomis tinggi seperti G30S (Gorok-Gorok 30 Spiecy) /sebuah olahan yang bahan utamanya horok-horok dengan dicampurkan berbagai macam rempah-rempah dan sayuran segar menambah cita rasa yang enak. Bisnis G30S bergerak dalam bidang produksi dan distributor. Target pemasaran produk, sistem utama yang kami gunakan adalah pasar nyata. Layanan bisnis dipasarkan melalui door to door  dan dengan cara order pemesanan serta menawarkan ke sekolah-sekolah/kampus dan pasar-pasar tradisional. Sistem pemasaran tersebut digunakan karena dapat meningkatkan penjualan dan hasil yang prospektif.
Kata kunci : Budaya, Makanan Tradisional, Wirausaha


BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Makanan sebagai sumber energi dibutuhkan manusia untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Sejalan dengan perkembangan, masyarakat memanfaatkan makanan untuk berkreasi,  bermacam-macam cara penjual lakukan demi mendapatkan keuntungan lebih, bahkan sampai terjadi kecurangan dari oknum penjual tidak dapat dihindari lagi mulai makanan ringan maupun berat. Kecurangan mereka terlihat ketika produknya mengandung bahan berbahaya seperti boraks, formalin, pemutih, pewarna tekstil, dan pemanis buatan. Makanan kini telah menjadi wabah yang sangat berbahaya bagi manusia karena makanan berubah fungsi sebagai sumber penyakit. Konsumen saat ini dituntut untuk lebih cermat dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi.
Setiap daerah memiliki ciri khas, bisa dari makanan, adat istiadat, atau bahkan wisata pantai dan masih banyak lagi, ciri khas tersebut mereka jaga dan lestarikan. Jepara sebagai salah satu daerah yang memiliki beberapa keunggulan mulai dari panorama pantai, ukir, dan makanan khas yaitu horok-horok dengan cita rasa kenyal namun rendah glukosa.
Makanan khas Jepara yang berupa horok-horok terancam akan hilang karena peminat dominan dari kalangan orang tua, tidak semua kalangan dapat membuat horok-horok dan hanya orang tertentu serta sifatnya turun temurun. Horok-horok dikenal masyarakat sebagai makanan pendamping seperti bakso, pecel, soto, sate kikil, dan gulai.
Produsen pembuat horok-horok hanya ditemukan di Jepara terutama di kecamatan Pecangaan, Kedung dan Tahunan. Itupun tidak semua orang bisa membuat. Proses pembuatan yang melewati beberapa tahap mulai dari  pencucian tepung aren, pengeringan dibantu dengan taburan abu diatas adonan, pengerukan kemudian digoreng tanpa minyak. Selanjutnya, proses berikutnya merupakan pengulangan dari proses yang telah dilakukan sebelumnya. Pengukusan yang dilakukan selama dua kali pengukusan itu agar hasilnya terasa kenyal jika dimakan. Prosesnya sangat lama dan berkali-kali naik turun pengukusan kemudian diproses dan dikukus lagi. Agar hasilnya terasa lebih lezat hanya cukup ditambahkan garam secukupnya.
Horok-horok sebagai makanan khas jepara perlu untuk dilestarikan, kita tercetus untuk membuat sebuah kreasi dari horok-horok tanpa menghilangkan cita rasa dan keunikannya. Horok-horok sebagai makanan dengan kadar gula sedikit, serta mengenyangkan dan dapat digunakan sebagai pengganti nasi. Atas dasar hal tersebut tentu horok-horok dapat dibuat horok-horok goreng dengan disertai bumbu-bumbu dapur sehingga  horok-horok dapat dilestarikan.

1.2 RUMUSAN MASALAH.  
            Dari latar belakang diatas dapat dikemukakan permasalahan yaitu :
1.    Bagaimana  cara membuat G30S(Gorok-Gorok 30 Spiecy) yang diminati semua kalangan?
2.    Bagaimana cara melestarikan makanan tradisional Jeparaberupa horok-horok?
3.     Bagaimana peluang bisnis produk tersebut di pasaran?
1.3.   Tujuan Program
1.    Membuat G30S(Gorok-Gorok 30 Spiecy)yang diminati semua kalangan dengan rasa yang berbeda akan tetapi bahan baku tetap berasal dari horok-horok tanpa mengubah ciri khas dari makanan tersebut.
2.    Mengenalkan horok-horok sebagai makanan yang memiliki keunggulan seperti kadar gula rendah dan mengenyangkan.
3.    G30S(Gorok-Gorok 30 Spiecy)tidak kalah saing dengan makanan cepat saji, karena harga yang sesuai keadaan ekonomi masyarakat, dan tidak mengandung bahan-bahan berbahaya. Penjualan bisa dilakukan secara langsung dan menerima pemesanan.
1.4.Luaran yang diharapkan.
Luaran yang diharapkan dalam program ini adalah:
1.      Mampu menciptakan peluang usaha mandiri di kalangan mahasiswa yang bergerak disektor makanan.
2.      Dapat membuat karya kreativitas inovatif mahasiswa dalam hal kewirausahaan dengan memanfaatkan makanan khas daerah sehingga mendapatkan hasil karya yang bermanfaat dan tepat guna.
3.      Artikel ilmiah tentang pembuatanG30S(Gorok-Gorok 30Spiecy).
1.5.     Kegunaan Program
Adapun kegunaan program yang dimaksud adalah:
1.      Mahasiswa mampu meningkatkan inovatifnya dalam menemukan hasil karya yang dapat dimanfaatkan sebagai usaha.
2.      Mengenalkan horok-horok sebagai makanan yang enak dan mengenyangkan dalam lingkup kehidupan masyarakat.
3.      Dapat membangunn kreativitas dan penalaran pada pengembangan ilmu teknologi pangan dalam upaya pemanfaatan makanan sehat.
2.1  Deskripsi usaha
1.    Nama Usaha
G30S (Gorok-Gorok 30 Spiecy) merupakan produk makanan olahan dari bahan dasar horok-horok. G30S dikemas pada tempat persegi dengan bahan dasar kardus/kertas yang di desain menarik sehingga calon konsumen tertarik untuk membeli. Kami menjual 1 kardus G30S dengan harga Rp. 7.000. Kami ingin membuka usaha yang berbeda dengan usaha yang lainnya serta ingin mengenalkan makanan tradisional jepara yaitu horok-horok yang selama ini dipandang sebelah mata.
2.2  Analisa Pasar dan Peluang Pasar
Produk kami merupakan makanan tradisional yang terbuat dari tepung aren. Makanan yang berasal dari tepung aren yang bernama horok-horok banyak dijual di pasar-pasar tradisional yang ada di Jepara. Para penjual horok-horok yang ada dipasaran berjualan horok-horok secara mengelompok tanpa ada toko. Horok-horok biasanya ditaruh di ember yang dilapisi daun pisang. Setiap lingkar horok-horok dijual dengan harga Rp. 30.000. Para calon konsumen bisa membeli horok-horok sesuai selera dari Rp. 1000 sampai ratusan ribu rupiah. Dari  teksturnya yang kenyal membuat horok-horok bisa dinikmati semua kalangan dari anak-anak, dewasa sampai orangtua. Umumnya horok-horok hanya sebagai pendamping makanan, seperti bakso, pecel,soto, gado-gado,dll.
Menurut hasil analisis yang telah kami lakukan diatas. Produk kami masih mempunyai peluang pasar yang cukup besar jika dijual pada masyarakat luas.
2.3  Media pemasaran / promosi yang digunakan
Ø  Mengadakan pengenalan produk G30S (Gorok-Gorok 30 Spiecy) pada pasar-pasar tradisional.
Ø  Melalui brosur yang disebar pada lampu merah, agar calon konsumen mengenal makanan tersebut.
Ø  Sosial media dan Website
BAB 3
METODE PELAKSANAAN
3.1  Teknik Produksi
-          Persiapan Bahan baku usaha ini adalah Horok-horok yang di peroleh dari pedagang horok-horok di jepara jawa tengah
-          Persiapan Bahan adetip/bahan tambahan dalam produksi G30S adalah varian rasa seperti Ayam, Sapi Panggang, Pedas, Sate, Bakso, Keju Manis,Keju Asin, Jamur, Barbeque, Jagung Manis, Original, Ayam Bakar, Balado, Pedas Manis, Ayam Bawang, Balado Super Pedas,Pedas dengan Level 1 Sampai 10,Jagung Bakar, Sosis, Bumbu Kacang, Babat.
-          Persiapan Peralatan dalam memproduksi G30S adalah Alat penggorengan , Kardus, Sendok, Garpu ,piring , kertas minyak, Kompor gas, Meja, Kursi, Tikar, Grobak.
Strategi pemasaran yang akan diterapkan
Untuk dapat mempertahankan produksi dan pemasaran G30S ini, maka diterapkan sebgai berikut :
a.   Mengikuti pameran-pameran, baik dengan inisiatif sendiri ataupun mengikuti pameran yang dilakukan oleh dinas terkait. Institusi/dinas yang memberikan perhatian terhadap usaha kuliner.
b.   Menjalin kerjasama dengan pengusaha produk sejenis.
c.   Penyebaran brosur di berbagai wilayah untuk memperkenalkan produk kami.
d.   Membuat iklan di radio, sehingga media promosi akan semakin luas.
e.   Mengadakan sosialisasi terkait produk yang di perkenalkan.
f.    Membuat akun Facebook, BBM dan Twitter sehingga lebih mudah dikenal oleh banyak orang.
Namun Strategi yang harus di terapkan agar produk dapat terus berkembang di pasaran adalah dengan terus meningkatkan kualitas dan kuantitas produk serta mengikuti keinginan konsumen dengan harga yang dapat di jangakau oleh setiap lapisan masyarakat. Dengan demikian maka kita akan dapat mempertahankan produk kita di pasaran.
3.2  Tahapan Produksi
Tahapan produksi usaha G30S ini dimulai dari :
-          Survey lokasi produksi (tempat berniaga)
-          Pembuatan grobak dagang dan meja kursi untuk pelanggan
-          Persiapan alat dan bahan baku
-          Persiapan promosi dan pembukaan perdana
-          Untuk melayani pemesanan, kami melakukan produksi setelah menerima order pesanan agar pelanggan mendapatkan produk yang baru.
Sedangkan untuk langkah pembuatan G30S ini adalah sebagai berikut :
1.      Siapkan horok-horok
2.      Haluskan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, garam,cabai, dan kemiri.
3.      Siapkan wajan diatas kompor tambahkan minyak setelah panas masukkan bumbu yang telah dihaluskan aduk lalu masukkan horok-horok
4.      Aduk horok-horok selama 15-20 menit yang sudah tercampur bumbu tambahkan sayuran dan varian rasa sesuai selera
5.      Masukkan G30S yang sudah matang ke kardus dengan ditambah timun dan siap untuk di makan.
BAB 4
BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN


4.1Anggaran Biaya.

Tabel 1.Anggaran Biaya Produksi.

NO
Jenis Pengeluaran
Biaya (Rp)
1
Peralatan Penunjang
6.426.000
2
Bahan Habis Pakai
1.792.000
3
Perjalanan / Transportasi
   500.000
4
Lain-Lain
1.140.000
Jumlah
9.858.000

 Secara lengkap informasi anggaran terdapat di lampiran.
4.2  Jadwal Kegiatan.
Tabel 2.Jadwal Kegiatan Produksi G30S (Gorok-Gorok 30 Spiecy)
No
Kegiatan
Bulan ke-1
Bulan ke-II
Bulan ke-III
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Persiapan













-          Tempat
ü   
ü   











-          Alat dan bahan

ü   
ü   









2.
Produksi


ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
3.
Pemasaran


ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   

Promosi


ü   
ü   








4.
Penjualan



ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
5.
Evaluasi
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
ü   
Laporan bulanan



ü   



ü   



ü   


DAFTAR PUSTAKA
Arum Kusumaningtyas, Bambang Wibisono, Kusnadi. 2013. Penggunaan Istilah Makanan dan Jajanan Tradisional pada Masyarakat di Kabupaten Banyuwangi Sebuah Kajian Linguistik. Jurnal Publika Budaya Volume 1 (1) Juli 2013 Universitas Jember
Wurianto, Arif Budi. 2008. Aspek Budaya Pada Tradisi Kuliner Tradisional di Kota Malang Sebagai Identitas Sosial Budaya (Sebuah Tinjauan Folklore). LPPM Universitas Muhammadiyah Malang
http://www.beritajepara.com/86/wisata-kuliner-jepara-6-makanan-tradisional-khas-jepara.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Jepara

Untuk File lengkap Contoh PKM Kewirausahaan bisa di download di sini

Comments

  1. Harrah's Cherokee Casino and Resort - MapYRO
    Harrah's Cherokee Casino and Resort is in the mountains, just 파주 출장샵 steps from Harrah's Cherokee Casino 대구광역 출장마사지 and 1 mile 익산 출장마사지 from Harrah's 여주 출장마사지 Cherokee Casino and 2.5 대구광역 출장샵

    ReplyDelete

Post a Comment