Model Pembelajaran Inquiry Learning



a.    Konsep Inquiry Learning
                        Model Inquiry Learning merupakan proses pembelajaran dengan cara menggali masalah untuk dipecahkan bersama. Peserta didik mencari sendiri permasalahan yang sesuai dengan apa yang dipelajari (belanja masalah) dari lapangan praktis atau sumber masalah, seperti Jurnal, hasil seminar, pemegang otoritas, pengalaman pribadi, atau dari sumber lain hasil pengaamatan dan observasi. Kemudian dipecahkan berdasarkan pengetahuan yang mereka miliki. Dalam inquiry learning peserta didik mengeksplorasi sendiri maslaah untuk dipecahkan bersama daalam diskusi di ruang kelas.
b.    Keunggulan Inquiry Learning ini adalah :
(1)  Peserta didik akan lebih paham tentang persoalan-persoalan yang ada
(2)  Peserta didik lebih memahami cara pemecahan masalah
(3)  Menambah wawasan praktis
(4)  Kreatif, karena akan mencari sendiri literature untuk memcahkan masalah
(5)  Mengetahui kegunaan ilmu yang dipelajari meallui pemahaman apa masalahnya, mengapa terjadi dan bagaimana memecahkannya
(6)  Kritis terhadap permaslaahan yang terjadi

c.    Langkah-langkah penggunaan Inquiry Learning:
(1)  Peserta didik melakukan belanja masalah
(2)  Mengidentifikasi masalah untuk dipecahkan
(3)  Merumuskan masalah yang akan dipecahkan
(4)  Mencari sendiri cara pemecahan dari kajian pustaka/ pembhasan bersama
(5)  Mendiskusikan cara pemecahannya

(6)  Menyimpulkan dan membuat laporan hasil pemecahan masalah.

untuk file lengkap Makalah model pembelajaran bisa download di sini 
Model  Pembelajaran Discovery Learning
Model Pembelajaran Project Based Learning
Model Pembelajaran Problem Based Learning
Model Pembelajaran Inquiry Learning

Comments