a.
Konsep
Inquiry Learning
Model Inquiry Learning
merupakan proses pembelajaran dengan cara menggali masalah untuk dipecahkan
bersama. Peserta didik mencari sendiri permasalahan yang sesuai dengan apa yang
dipelajari (belanja masalah) dari lapangan praktis atau sumber masalah, seperti
Jurnal, hasil seminar, pemegang otoritas, pengalaman pribadi, atau dari sumber
lain hasil pengaamatan dan observasi. Kemudian dipecahkan berdasarkan
pengetahuan yang mereka miliki. Dalam inquiry learning peserta didik
mengeksplorasi sendiri maslaah untuk dipecahkan bersama daalam diskusi di ruang
kelas.
b.
Keunggulan
Inquiry Learning ini adalah :
(1) Peserta
didik akan lebih paham tentang persoalan-persoalan yang ada
(2) Peserta
didik lebih memahami cara pemecahan masalah
(3) Menambah
wawasan praktis
(4) Kreatif,
karena akan mencari sendiri literature untuk memcahkan masalah
(5) Mengetahui
kegunaan ilmu yang dipelajari meallui pemahaman apa masalahnya, mengapa terjadi
dan bagaimana memecahkannya
(6) Kritis
terhadap permaslaahan yang terjadi
c.
Langkah-langkah
penggunaan Inquiry Learning:
(1) Peserta
didik melakukan belanja masalah
(2) Mengidentifikasi
masalah untuk dipecahkan
(3) Merumuskan
masalah yang akan dipecahkan
(4) Mencari
sendiri cara pemecahan dari kajian pustaka/ pembhasan bersama
(5) Mendiskusikan
cara pemecahannya
(6) Menyimpulkan
dan membuat laporan hasil pemecahan masalah.
untuk file lengkap Makalah model pembelajaran
bisa download di sini
Model Pembelajaran Discovery Learning
Model Pembelajaran Project Based Learning
Model Pembelajaran Problem Based Learning
Model Pembelajaran Inquiry Learning
Comments
Post a Comment