Contoh PKM KC Lolos Power Bank yang bernama HOST

RINGKASAN

Laptop atau notebook adalah salah satu produk yang dikembangkan pada era modern saat ini.Penggunaanlaptop masih mengalami kendala pada energi yang disimpannya (listrik). Listrik yang disimpan didalam baterai notebook masih mempunyai kekurangan yaitu cenderung cepat habis padahal notebook diciptakan dengan tujuan untuk mempermudah manusia dalam membawa komputer yang praktis dibawa kemana-mana. Selain itu notebook juga sering menimbulkan panas sehingga membuat baterai cepat rusak dan akan boros karena terkena efek dari panas atau daya yang dikeluarkan oleh notebook tersebut.
Tujuan dari kegiatanini adalah pengembangan inovasi power bank yang dapat mencharge notebook yang nantinya dapat lebih membantu masyarakat untuk menghemat energi. Sistemkerjadari HOST (HARD OVER SAVER TECHNOLOGYHARD OVER SAVER TECHNOLOGY) adalahPower bank untuk laptop yang dapat menyimpan daya dari sumber listrik langsung dan sekaligus dapat mengubah panas yang dihasilkan laptop menjadi listrik yang dapat digunakan kembali sebagai sumber daya, denganmemaksimalkan penggunaan daya pada notebook dan keluaran panas yang dihasilkan notebook tetap dapat dimanfaatkan kembali.
Hasil yang diperoleh adalah inovasi baru yang dapat mengefisiensikan penggunaan energi tanpa mengurangi efeksibilitasnya yang berbentuk Power Bank yang bernama HOST (Hard Over Saver Technology) untuk laptop (Notebook) sebagai solusi mengubah daya menjadi sumber energi listrik ramah lingkungan.

Kata kunci :  Notebook, Listrik, Power Bank, HOST







iv
1
 



BAB 1. PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Di era modern manusia tidak lepas dari teknologi, trend teknologi semakin berkembang dan semakin canggih. Tak dapat dipungkiri teknologi selalu tergantung pada sumberdaya. Sumber daya tersebut biasanya dapat di peroleh dari energi listrik. Zaman yang semakin canggih, manusia dituntut untuk mengembangkan sesuatu yang sudah ada untuk dikembangkan lebih jauh sehingga dapat ditemukan efisiensi energi yang lebih sempurna dan dapat melakukan penghematan serta ramah lingkungan.
Akibat dari konsumsi energi yang sekarang ini secara berlebihan maka, dibutuhkan temuan baik itu baru maupun pengembangan yang sudah ada.Temuan tersebut haruslah dapat mengefisienkan dan dapat menghemat energi tanpa harus mengurangi efektifitas sebuah produk teknologi. Dengan adanya perkembangan teknologi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Sedangkan masyarakat pada era saat ini lebih mementingkan praktisnya penggunaan teknologi tetapi dengan peforma yang  tetap tinggi di berbagai waktu dan tempat. Sedangkan di semua tempat belum tentu tersedia sumber daya berupa listrik (Stop Contack). Oleh karena itu manusia berinovasi untuk menciptakan sebuah alat untuk menyimpan daya / baterai (listrik) sementara yang kita sebut sekarang sebagai “Power Bank”. Namun lama kelamaan manusia mulai menyadari bahwa penggunaan baterai didalam Power Bank dirasa terdapat banyak kekurangan. Kekurangan dalam produk Power Bank adalah efektifitasnya yang semakin menurun dari waktu ke waktu. Selain itu masih ada lagi kekurangan Power Bank yang lain yaitu pengisian daya yang harus selalu terhubung dengan sumber listrik (Stop Contack). Power Bank juga sekarang kebanyakan hanya support terhadap ponsel saja. Lebih dari itu Power Bank juga mempunyai kelemahan berupa tegangan yang keluar hanya sampai 5 Volt. (Zuhal,  2010)
Berdasarkan wacana tersebut diatas, kami TIM PKM Karsa Cipta mempunyai sebuah gagasan ide kreatif untuk menciptakan suatu teknologi modern yang dapat membantu memecahkan salah satu permasalahan tersebut yaitu “inovasi baru yang dapat mengefisiensikan penggunaan energi tanpa mengurangi efeksibilitasnya yang berbentuk Power Bank yang bernama HOST (Hard Over Saver Technology) untuk laptop (Notebook).



2
1.2. Manfaat dan Tujuan Kegiatan
Manfaat dari kegiatan adalah  agar masyarakat pengguna notebook dapat lebih memaksimalkan energi terutama listrik yang ada dengan memanfaatkan power bank notebook. Selain itu alat ini lebih ramah lingkungan sehingga penggunaan sumber daya di lingkungan dapat lebih dimaksimalkan.
Tujuan dari kegiatan adalah pengembangan inovasi power bank yang dapat mencharge notebook yang nantinya dapat lebih membantu masyarakat untuk menghemat energi. Dengan meningkatnya efisiensi energi maka dapat membantu masyarakat dapat  menyimpan energi listrik dalam kurun waktu yang lebih lama. Diharapkan produk ini dapat diterima oleh para konsumen dan dapat diproduksi secara massal. Lebih dari itu inovasi ini akan dapat memotivasi generasi muda untuk selalu menciptakan inovasi–inovasi yang semakin mempermudah pekerjaan manusia.
1.3. Luaran yang diharapkan
Target luaran yang diharapkan dari kegiatan pelaksanaan program ini adalah sebagai berikut :
1
Nama Luaran Program
HOST (HARD OVER SAVER TECHNOLOGY) Inovasi Power Bank Sebagai Solusi Mengubah Daya Menjadi Sumber Energi Listrik Ramah Lingkungan
2
Model Kegunaan
Memaksimalkan penggunaan daya pada notebook dan keluaran panas yang dihasilkan notebook tetap dapat dimanfaatkan kembali.
3
Sistem Kerja
Power bank untuk laptop yang dapat menyimpan daya dari sumber listrik langsung dan sekaligus dapat mengubah panas yang dihasilkan laptop menjadi listrik yang dapat digunakan kembali sebagai sumber daya.
4
Barang, dan prototipe
Power bank yang dapat mengubah panas menjadi listrik.






3
 


BAB 2. TINJAUAN PUSTAKA

2.1. Pengertian Power Bank
Seperti yang kita semua ketahui, power bank adalah suatu alat yang berfungsi sebagai penyimpan daya sementara yang dapat kita gunakan untuk mengsupply energi / daya pada gadget yang kita miliki. Power Bank memiliki banyak kekurangan diantaranya adalah Kebanyakan power bank yang beredar dipasaran hanya bisa digunakan untuk mengsupply energi pada ponsel saja. Untuk itu kami mencoba berinovasi menciptakan power bank yang bisa digunakan / berfungsi untuk mengsupply daya pada notebook ( Kennedy, George. 2005)
Power bank ini selain bisa menyimpan daya, juga berfungsi untuk mengubah energi panas menjadi energi listrik yang kemudian digunakan sebagai sumber daya. Walau demikian, power bank ini tetap dapat diisi ketika  dihubungkan dengan sumber daya langsung (stop contack) (Prakoso, Setiyo.,2005).
2.2. Manfaat Power Bank
         Power bank sering disebut sebagai power charge yaitu suatu alat yang dapat menyimpan daya yang mudah dibawa kemana mana dan praktis pengunaannya. Pada dasarnya power bank itu memiliki baterai yang berfungsi untuk menyimpan daya dari energi listrik dan mentransferkan energi tersebut ke gadget kita. Fungsi kegunaan dari power bank ini sebenarnya itu mirip dengan baterai cadangan. Artinya Power bank dapat digunakan untuk memback – up baterai utama ketika gadget kita kehabisan tenaga. Dengan demikian bisa kita simpulkan bahwa manfaat utama dari sebuah power bank adalah sebagai baterai cadangan apabila baterai dari gadget kita sudah hampir habis.
            Cara penggunaan Power bank juga sangatlah mudah hanya dengan mengecas alat ini hingga penuh. Setelah itu Power bank dapat di gunakan untuk mengecas gadget kita didalam saat-saat yang darurat ketika kita tidak sedang didekat sumber listrik. Seperti halnya charger gadget, power bank akan memberikan atau mentransfer daya yang disimpannya, umumnya sebesar kapasitas power bank itu sendiri ke gadget yang kita charge
(Darmawan, Deni. 2006).
Kami menginovasikan sesuatu hal yang baru yaitu membuat power bank untuk digunakan pada laptop.  Namun pada Power bank ini memanfaatkan Panas dari laptop tersebut untuk dijadikan sumber daya bagi laptop itu sendiri.
4
 


2.3. Keunggulan Power Bank (HOST)
Produk ini memiliki beberapa manfaat bagi masyarakat di antaranya (Zuhal,2010 ) :
                                  a.         Dapat menyimpan energi atau daya sebanyak 2280 (2,28 KWh)
                                 b.         Watt dengan keluaran maksimal 90 watt.
                                  c.         Praktis dalam pengoprasian.
                                 d.         Bentuk sangat kompleks .
                                  e.         Efesiensi mencapai 1000 cycle.
                                  f.          Dengan satu kali cycle hanya berkurang 10-1  atau 0,1 dari daya maksimalnya.
                                 g.         Produk ini dapat diisi ulang dengan cara terhubung dengan sumber daya listrik langsung maupun dengan panas dari netbook itu sendiri.


























5
BAB 3. METODE PELAKSANAAN

            Metode yang dilakukan untuk dapat membangun prototipe power bank ini adalah sebagai berikut :
  1. Metode pengamatan (Observasi), kami mengamati cara kerja dari power bank yang sudah beredar dipasaran.
  2. Metode studi pustaka, mencari referensi tentang power bank dan alat-alat elektronik.
  3. Mendesain bentuk power bank.
  4. Proses perancangan power bank.
  5. Uji coba kelayakan.
  6. Finishing
Berikut ini adalah diagram alir dari metode pelaksanaan pembuatan teknologi modern power bank untuk laptop (gambar 3.1)
Gambar 3.1. Flow chart pelaksanaan pembuatan HOST

6
Adapun parameter inovasi prototipe HOST ini secara keseluruhan adalah :
a.                                        Bentuk
Bentuk Power Bank yang lebih praktis digunakan dengan sistemisasi yang kompleks dan ringkas sehingga mudah dibawa kemana – mana. Selain itu alat ini cenderung berbentuk balok dengan panjang, lebar dan tinggi menyesuaikan dengan device ( notebook / netbook ).

b.                                       Pengoperasian
o   Notebook yang hidup akan menghasilkan panas (daya) yang akan ditangkap oleh alumunium yang kemudian akan dilanjutkan ke sensor penangkap panas (Paltier).
o   Panas yang ditangkap oleh paltier akan diumpankan kedalam rangkaian yang selanjutnya akan ditransformasikan dalam bentuk energi listrik.
o   Bentuk energi listrik tadi akan disimpan sementara didalam baterai yang berada didasar Power Bank.
o   Hal tersebut akan dilakukan secara terus menerus selama notebook masih menyala dan menghasilkan panas.
o   Hal tersebut juga akan dilakukan terus menerus sampai mode pada Power Bank diubah kedalam mode Charge – out.
o   Pada saat diubah menjadi mode Charge – out maka aliran kerjanya akan berubah menjadi keterbalikan dari mode Charge – in.
o   Dalam mode Charge – out energi listrik yang disimpan dalam baterai yang berada didasar Power Bank akan ditransfer atau dialirkan kedalam rangkaian yang selanjutnya akan menaikkan tegangan dari baterai menjadi 19 Volt.
o   Tegangan yang keluar tersebut akan dialirkan kedalam baterai notebook.

C. Fitur
Power Bank ini dapat menyimpan daya sebesar 2280 Watt (2,28 KWh).
Dengan kabel yang cukup panjang dan kompatible dengan semua jenis dan merek notebook maka semakin mudah untuk digunakan.
Bentuknya mudah dibawa kemana – mana.
Bentuk fisik tidak membahayakan bagi pengguna.






7
BAB 4. BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN
4.1.Anggaran Biaya
Ringkasan Anggaran Biaya PKM KC yang diajukan.
No
Jenis Pengeluaran
Biaya yang di usulkan (Rp )
1
Peralatan penunjang ( 20 - 30% )
923.300
2
Bahan habis pakai dan peralatan ( 30 - 40%)
5.582.000
3
Perjalanan (Maks 15% )
1.000.000
4
Lain-lain : publikasi, laporan, lainnya (Maks 15% )
4.530.300

Jumlah
12.035.300


4.2. Jadwal Kegiatan


Kegiatan
Bulan I
Bulan II
Bulan III
Bulan IV
Bulan V
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.
Studi literature, observasi




















2.
Desain prototipe HOST power bank




















3.
Merancang prototipe




















4.
Implementasi prototipe




















5.
Monitoring dan uji coba




















6.
 Pembuatan laporan akhir
























                      
8
 


DAFTAR PUSTAKA

Darmawan, Deni. (2006). Dasar Teknologi Informasi dan Komunikasi. UPI PRESS. Bandung.

Kennedy, George. 2005, Electronic Communications System. 3rd Ed. McGraw-Hill International Educations
Prakoso, Setiyo. (2005). Membangun e-learning Dengan Moodle. Andi Offset.Yogyakarta

Zuhal. 2010, Dasar Tenaga Listrik dan Elektronika. Cetakan keenam, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama 

13
2. Biodata Dosen Pembimbing
A.  Identitas Diri
1
Nama Lengkap
Rina Fiati, ST, M.Cs
2
NIDN
0604047401
3
Pangkat/Gol/NIS
Penata TK-1/ III-D/ 0610701000001202
4
Jabatan Fungsional
Lektor
5
Fakultas/Jurusan
Teknik/Teknik Informatika
6
Alamat Rumah
Jl. Raya Kudus-Pati Km 5 Golan Tepus No.10 RT/RW 01 Mejobo Kudus
7
Nomor Telepon/Faks/HP
08122503611
8
Alamat Kantor
Gondangmanis, Po. Box. 53 Bae, Kudus,
9
Nomor Telepon/Faks/HP
(0291)438229
10
Alamat e-mail

B.  Riwayat pendidikan

S-1
S-2
Nama Perguruan Tinggi
Institut Sains  Teknologi Akprind , Yogyakarta
Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
Bidang Ilmu
Teknik Informatika
Ilmu Komputer
Tahun Masuk-Lulus
1994-1999
2007-2009

C.  Pengalaman Penelitian Dalam 5 Tahun Terakhir
No
Tahun
Judul Penelitian
Institusi
1
2009
Pengaruh Teknologi Informasi, Kecerdasan emosional, Intelektual, Motivasi Ekonomi, terhadap Stres pada Wanita Karir
UMK
2
2010
SPK Penentuan Kelayakan Sekolah Berstandar Internasional
UMK
3
2011
Pemanfaatan AHP sebagai Model SPK Penentuan Desa Posdaya
UMK
4
2012
Analisa dan Perancangan Website untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif dan Kearifan Lokal
UMK
5
2013
Pemanfaatan Fuzzy MADM sebagai model keputusan penentuan desa mandiri
DP2M DIKTI

D. 
14
Pengalaman Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam 5 Tahun Terakhir
No
Tahun
Judul Pengabdian Kepada Masyarakat
Institusi
1
2012
Pelatihan Teknis Merakit Komputer, Service dan Maintenance Komputer untuk Meningkatkan Kualitas SDM IPNU/IPPNU Ranting Hadipolo 
UMK
2
2012
Pelatihan Teknologi Informasi dan Komputer bagi Ibu-Ibu Posdaya Perempuan Mandiri “Mega Karya” di Desa Megawon Kec.Jati  Kab.Kudus
UMK
3
2013
Pelatihan Pembuatan Radio Streaming Menggunakan Shoutcast Winamp pada Radio Suara Kudus FM 88 di Kabupaten Kudus
UMK
4
2013
IbM Peningkatan Kualitas Produksi Berbasis Information Technology Pada Kluster KUB Tas di Loram Wetan kudus
DP2M DIKTI
5
2014
IbM Bimbingan Belajar
DP2M DIKTI

E.  Pengalaman penulisan artikel Ilmiah Dalam Jurnal Dalam 5 Tahun Terakhir
No
Judul Artikel Ilmiah
Volume/
Nomor/Tahun
Nama Jurnal
1
Aplikasi SPK Peramalan Penjualan Barang
ISSN : 1979-6870 Edisi Vol.3 No.2 bulan Desember
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI
2
Akses Internet Via Ponsel
ISBN: 2005-1981
Penerbit Andi Yogyakarta
3
Wireless Atasi Keterbatasan Jangkauan
ISBN: 2004-1979, 23/Juli/2011
Penerbit Andi Yogyakarta

F. Penghargaan dalam 5 Tahun Terakhir

No
Jenis Kegiatan
Tahun
Tingkat
1
Dosen Pembimbing PKM Teknologi (PIMNAS), DP2M DIKTI 2011
2011
Nasional-DP2M DIKTI
2
Dosen Pembimbing PKM Teknologi (PIMNAS), DP2M DIKTI 2012
2012
Nasional-DP2M DIKTI
3
Dosen Pembimbing PKM Teknologi (PIMNAS), DP2M DIKTI 2014
2014
Nasional –DP2M DIKTI

Lampiran 3. Susunan Organisasi  Tim Pelaksana dan pembagian tugas

No
Nama
NIM
Bidang Ilmu
Alokasi Waktu (jam/
minggu)
Uraian Tugas
1
Bayu S.
201451084
Teknik Informatika
4
Mengatur Pelaksana&Membuat desain

2
Muhammad Asnawi
201451070
Teknik Informatika
4
Programer Dekstop
3
Shinta, Rofiq
201451076 dan 201451081
Teknik Informatika
4
Melakukan Pemasangan dan Finishing

Comments