Aplikasi SMS Gateway Informasi Jadwal Perkuliahan

Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Pamprograman Terstruktur
Oleh :
1.      Moh Noor Rofiq                                 (201451081)
2.      Marqellyno Bayu Samudra                 (201451084)

3.      Muhammad Arief S                            (201451     )

BAB I
Permasalahan
1.      Bagaimana mahasiswa dapat mengetahui adanya pemberitahuan dari dosen masuk ke handphone berupa SMS ketika ada pembatalan kelas atau pergantian jadwal kelas.
2.      Bagaimana membangun sebuah aplikasi SMS Gateway yang nantinya digunakan untuk pengiriman dan permintaan sebuah infomasi melalui handphone dalam bentuk sms.
3.      Bagaimana mengkoneksikan modem GSM dengan komputer Server menggunakan software opensource Gammu yang digunakan dalam perancangan sistem aplikasi sms gateway jadwal perkuliahan.
Tujuan
1.        Aplikasi dapat meningkatkan efektifitas penyampaian informasi jadwal perkuliahan kepada dosen dan mahasiswa.
2.        Aplikasi tersebut dapat mengirimkan pesan berupa sms ke mahasiswa-mahasiswa dan dosen kemudian sms update jika terdapat perubahan jadwal perkuliahan.
3.        Dosen dan mahasiswa juga dapat mengakses aplikasi melalui internet, untuk mengetahui jadwal perkuliahan dan mengedit data pribadi.



BAB II
Metode yang digunakan
1.        Study Literatur
Mempelajari berbagai sumber pustaka seperti buku, artikel, jurnal ilmiah, dokumen yang berasal dari internet yang berhubungan dengan pembahasan pada skripsi ini.
2.        Observasi
Melakukan pengamatan secara langsung prosedur kerja program studi dalam menyampaikan jadwal perkuliahan dan dosen jika terjadi pembatalan kelas atau pergantian jadwal kelas.  

BAB III
Penyelesaian Masalah
            Penyelesaian masalah yang sudah tertera diatas tersebut adalah menggunakan SMS Gateway untuk memudahkan dosen untuk memberikan informasi jika matakuliah dari dosen tersebut libur atau pemindahan jam pada mata kuliah yang bersangkutan dengan lebih efisien kepada mahasiswa
MEREVIEW PROGRAM
Dari apa yang sudah kita lihat dari rancangan program ini bahwa Aplikasi SMS Gateway Sebagai Informasi Jadwal Perkuliahan Pada STMIK Kristen Neumann Indonesia dari masalah konsep sudah bisa dikatakan terancang dengan baik, namun masih ada kekurangan yang kami temukan pada Aplikasi SMS Gateway Sebagai Informasi Jadwal Perkuliahan Pada STMIK Kristen Neumann Indonesia yaitu sistem keamanaan yang kurang ketat dan mudah untuk ditembus oleh orang yang tidak bertanggung jawab

Kelebihan        : Konsep sudah terancang dengan baik,
Kekurangan     : Sistem yang digunakan belum aman atau kurang aman

Lampiran
FlowChart

Program
Perancangan Sistem (Interface)
            Antarmuka (interface) merupakan bagian dari sistem ini yang digunakan sebagai alat komunikasi antara sistem dan user. Perancangan antarmuka dalam sistem aplikasi sms gateway informasi jadwal perkuliahan ini dibedakan atas dua bagian, yaitu:
1.    Perancangan Antarmuka untuk Admin
            Antarmuka untuk admin dirancang agar admin dapat melakukan proses pengelolaan sistem.
2.    Perancangan Antarmuka untuk Pengguna (User)
            Antarmuka untuk user dirancang agar user dapat mencari informasi tentang jadwal perkuliahan dan mengedit data pribadi.
Adapun gambar rancangan form interfacenya dapat dilihat pada gambar dibawah ini :
1.      Form Login
Form Login ini merupakan form yang berfungsi untuk masuk ke dalam sistem, terdiri dari dosen, mahasiswa dan admin. Jika dosen, mahasiswa dan admin ingin masuk ke sistem maka harus menginput username dan password. Adapun gambar  form login dapat dilihat pada Gambar 3.12:
Gambar 3.10 Rancang Form Login
2.      Rancang Form Utama Dosen
Form utama  digunakan untuk menampilkan menu-menu program aplikasi yang telah dirancang. Tampilan form utama dapat dilihat pada Gambar 3.13:
Gambar 3.11 Form Menu Utama Dosen
3.      Rancang Form Utama Mahasiswa
Gambar 3.12 Form Menu Utama Mahasiswa









4.      Rancang Form Utama Admin
Gambar 3.13 Form Menu Utama Admin

5.      Rancang Form Jadwal
Gambar 3.14 Form Jadwal



6.      Rancang Form Input Jadwal
Gambar 3.15 Form Input Jadwal


7.      Rancang Form Edit Dosen

Comments